1 Tentara Korea Utara Membelot ke Selatan, Ditangkap Masih Kenakan Seragam Militer

SEOUL, virprom.com – Seorang tentara Korea Utara membelot ke Korea Selatan dengan melintasi perbatasan yang dijaga ketat.

Saat ditangkap militer Seoul, warga Korea Utara itu masih mengenakan seragam militer berpangkat sersan.

Hal tersebut diungkap militer Korea Selatan pada Selasa (20/08/2024) seperti dilansir kantor berita Yonhap.

Baca juga: Latihan Militer Gabungan AS-Korea Selatan, Ini Tujuannya

Usai ditangkap di Front Timur, WN Korea Utara tersebut langsung diserahkan kepada pihak yang berwenang.

Kepala Staf Gabungan Korea Selatan mengatakan mereka tidak mendeteksi adanya gerakan aneh yang dilakukan militer Korea Utara pada saat pembelotan tersebut.

“Pihak berwenang terkait saat ini sedang menyelidiki dan belum dapat memastikan proses rinci pembelotan tersebut atau motivasi dan niat pasti dari individu tersebut,” kata militer, seperti dikutip kantor berita AFP.

Ini adalah pembelotan kedua melintasi perbatasan antara kedua Korea hanya dalam waktu dua minggu, setelah warga Korea Utara lainnya berhasil melintasi perbatasan maritim de facto di Laut Kuning pada 8 Agustus.

Pembelotan ini terjadi ketika hubungan antara kedua Korea tegang dalam beberapa tahun terakhir ketika Korea Utara meningkatkan uji senjatanya dan membombardir Korea Selatan dengan balon-balon sampah.

Diketahui, jumlah pembelotan yang berhasil menurun signifikan dibandingkan tahun 2020 setelah Korea Utara menutup perbatasannya.

Hal ini dilakukan berdasarkan perintah tembak-menembak di sepanjang perbatasan dengan China untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Baca juga: Korea Selatan Gelar Pertemuan Darurat, Bahas Keamanan Mobil Listrik

Namun setelah kontrol perbatasan dilonggarkan pada tahun 2023, jumlah pembelot yang berhasil mencapai Korea Selatan meningkat hampir tiga kali lipat pada tahun 2023 menjadi 196, kata Seoul pada bulan Januari. Dengarkan berita terkini dan pilihan berita kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top