Tinggalkan Anies, PKB Bersama Gerindra Jagokan Ridwan Kamil pada Pilkada Jakarta

JAKARTA, virprom.com – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) resmi menutup kemungkinan mengusung calon Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan pada Pilkada Jakarta 2024.

Direktur Eksekutif (Sekjen) PKB Hasanuddin Wahid mengatakan, PKB mengambil sikap mengikuti pilihan Partai Gerindra di Pilkada Jakarta.

PKB menutup Pilkada DKI (Jakarta) dengan Gerindra, jadi tidak ada pembahasan lebih dari itu, ujarnya saat ditemui di Hotel Fairmont, Jakarta Pusat, Minggu (18/8/2024).

Baca juga: PKB Resmi Dukung Bobby Nasution Sebagai Calon Gubernur Sumut

Hasanuddin menjelaskan, calon yang diusung Gerindra yakni Ridwan Kamil juga akan didukung PKB.

Pengumuman dukungan secara resmi akan dilakukan pada Senin (19/8/2024), bersama pihak Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus.

“Pada dasarnya kita berada di final bersama Gerindra di Pilkada Jakarta,” ujarnya.

Sikap DPP PKB ini membatalkan dukungan DPW PKB DKI Jakarta yang dideklarasikan untuk Anies pada 12 Juni 2024.

Sikap Gerindra mencalonkan Ridwan Kamil disampaikan Ketua DPD Gerindra Jakarta Ahmad Riza Patria pada 8 Agustus 2024.

Baca juga: Cak Imin: Saya dan PKB beraliansi dengan Gerindra, bersatu untuk membenahi perekonomian

Sebenarnya Gerindra sejak awal mendukung RK di Jakarta dengan berbagai pertimbangan. Pertama, karena RK sukses Wali Kota Bandung, Gubernur Jawa Barat sukses, maka masyarakat Jawa Barat di DKI Jakarta juga besar, kata Riza.

Menurut dia, Ridwan Kamil tidak akan kesulitan mengelola Jakarta karena jumlah penduduknya lebih sedikit dibandingkan Jawa Barat.

Gubernur Jabar sendiri bisa sukses dengan jumlah penduduk hampir 40 juta orang, apalagi di Jakarta yang jumlah penduduknya hanya 10,5 juta orang, kata Riza.

Di sisi lain, Gerindra menilai pria yang akrab disapa Kang Emil itu punya integritas dan kapasitas untuk menjadi Gubernur Jakarta.

Baca juga: Soal Pilkada di Jakarta, PKB Sebut Banyak Kemiripannya dengan Gerindra. Dengarkan berita dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses Saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top