Gamer PC Lebih Suka Windows 10 daripada Windows 11

virprom.com – Para gamer PC sepertinya masih lebih memilih sistem operasi (OS) Windows 10 dibandingkan versi baru Windows 11.

Hal ini terlihat dari survei bertajuk “Steam Hardware & Software Survey: Juli 2024” dari Steam, perusahaan pengembang video game distribusi film, Valve.

Dari review tersebut diketahui PC saat ini mayoritas menggunakan Steam atau 96,55 persen PC menggunakan sistem operasi Windows besutan Microsoft.

Dari jumlah tersebut, 50,16 persennya adalah pengguna PC Windows 10.

Baca Juga: Microsoft Sarankan Pengguna Windows 11 Segera Update OS, Ada Apa?

Sedangkan game dengan PC Windows 11 tercatat sekitar 45,81 persen. Jumlah ini berkurang 0,82 persen dibandingkan bulan sebelumnya.

Survei Steam juga menunjukkan masih ada pemburu yang menggunakan Windows mayor seperti Windows 7 (0,41 persen) dan Windows 8 (0,08 persen). Faktanya, Valve berhenti mendukung Steam pada dua OS Windows lama ini.

Belum ada informasi lebih lanjut mengapa banyak pemburu PC yang menggunakan Windows 10 dibandingkan Windows 11 baru.

Dari segi performa, kedua OS ini sebenarnya serupa dalam hal performa gaming secara umum.

Namun, pengujian terbaru oleh Hardware Unboxed mengungkapkan bahwa Windows 10 dapat bekerja lebih baik pada judul game tertentu, karena fitur keamanan Core Isolation, yang disebut “Memory Integrity”, dinonaktifkan secara default sistem.

Baca selengkapnya: 5 Cara Cek Laptop Windows 10 dengan Mudah dan Cepat

Virtualisasi fitur isolasi inti dan integritas memori menggunakan fitur yang menghabiskan banyak sumber daya sistem. Sistem ini dapat mempengaruhi performa ketika digunakan untuk menjalankan game-game berat.

Sedangkan di Windows 11, fitur ini berfungsi secara default, seperti dilansir KompasTekno dari YahooNews, Kamis (8/8/2024). Mengapa masih banyak orang yang menggunakan Windows 10?

Sistem operasi Windows 11 telah diperkenalkan dan dapat diunduh pengguna secara gratis mulai Oktober 2021. Namun, banyak pengguna yang masih mengandalkan Windows 10 karena stabilitas dan desainnya yang familier.

Pada Maret 2024, Windows 10 akan menguasai lebih dari 69 persen pasar desktop global. Jumlah ini meningkat hampir dua poin pada bulan Februari. Sebenarnya OS ini akan dirilis pada 14 Oktober 2025.

Baca Juga: Microsoft Sarankan Pengguna Windows 11 Segera Update OS, Ada Apa?

Di sisi lain, Windows 11 mengambil pangsa pasar sebesar 26,7 persen di bulan Maret, turun dari 28,16 persen di bulan Februari.

Ada banyak alasan mengapa pengguna OS desktop tidak mengupgrade ke Windows 11. Misalnya, beberapa pengguna tidak menyukai antarmuka pengguna Windows 11 yang baru. Pasalnya, antarmuka Windows 11 kini menampilkan tugas dan tombol start di tengah, bukan lagi lebih dekat ke kiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top