Struktur Lengkap Pengurus DPP PDI-P sampai 2025, Ketambahan Ganjar dan Ahok

JAKARTA, virprom.com – Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Megawati Soekarnoputri memperpanjang masa jabatannya sebagai DPP PDI-P periode 2019-2024 hingga 2025.

Renovasi dilakukan di Sekolah Pesta, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Jumat (5/7/2024).

Pada saat yang sama, Megawati menunjuk Ganjar Pranowo sebagai Ketua DPP PDI Perjuangan daerah federal dan otonom. Fungsi ini sebelumnya tidak terdapat pada model DPP PDI Perjuangan.

Belakangan, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok menjadi Ketua DPP Bidang Perekonomian. Jabatan tersebut sebelumnya dijabat oleh Said Abdullah.

Sedangkan Said Abdullah digantikan sebagai Direktur Pelayanan DPP PDI Perjuangan.

Baca juga: Hasto PDI-P Jelaskan Alasan Puan Sebut Kaesang Dipertimbangkan untuk Pilkada Jateng

Selain itu, Mengawati juga mengangkat beberapa misionaris untuk menempati posisi baru dengan model DPP. Antara lain Deddy Yevri Sitorus sebagai Ketua DPP Pemenang Pilpres, Ronny Talapessy sebagai Ketua Reformasi Sistem Hukum Nasional, dan Adian Napitupulu terpilih sebagai Wakil Ketua DPP Bidang Komunikasi.

Jika melihat situs resmi PDI-P, ada sedikit perubahan pada model DPP. Nomenklatur ada yang diubah, ada yang ditambah, digabungkan dan ada pula yang dihapus. Setelah itu, ada pula nama-nama yang kiprahnya berganti.

Namun, beberapa posisi penting tidak mengalami perubahan, seperti presiden, sekretaris jenderal, dan manajer keuangan.

Misalnya, posisi markas DPP Pemilu PDI Perjuangan terbagi dua, badan legislatif ditempati oleh Bambang Wuryanto. Sedangkan sutradaranya dijabat oleh Deddy Yevri Sitorus.

Belakangan, Menteri Sosial (Mensos) Tri Risma Harini yang sebelumnya dipercaya membidangi kebudayaan, kini menjabat Ketua DPP Penanggulangan Bencana. Sementara posisi Ketua DPP Bidang Kebudayaan dipercayakan kepada Rano Karno.

Baca juga: Megawati Pilih Ganjar Hingga Ahok Jadi Ketua DPP PDI Perjuangan

Belakangan, kepemimpinan DPP Iman dan Ketuhanan Yang Maha Esa diberikan kepada Zuhairi Misrawi. Sebelumnya, posisi tersebut dijabat oleh mendiang Hamka Haq.

Ketua Bidang Administrasi dan Keamanan DPP PDI-P Puan Maharani mengatakan perpanjangan masa pemerintahan DPP bertujuan untuk menyikapi situasi politik pada tahun 2024.

Lebih lanjut, kata dia, sebelum tahun 2024 akan ada pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak pada November mendatang.

Hal senada disampaikan Sekjen (Sekjen) PDI-P Hasto Kristiyanto. Menurut dia, perpanjangan waktu pelayanan dan penambahan dilakukan menyikapi situasi yang terjadi saat ini.

Baca juga: Puan Ungkap Alasan Megawati Perpanjang Masa Jabatan DPP PDI-P dan Hakim Ganjar-Ahok

Berikut perbedaan struktur DPP PDI Perjuangan yang diperluas Megawati dengan sebelumnya, seperti dilansir dari situs resmi PDI Perjuangan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top