Kenapa Ketiak Bau walaupun Sudah Mandi? Berikut 15 Penyebabnya…

virprom.com – Saat keringat bercampur bakteri di kulit, ketiak akan berbau. Tapi kenapa ketiak saya bau bahkan setelah saya mandi?

Bau ketiak terbukti bisa disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain olahraga, stres, cuaca panas, dan genetik.

Selain itu, bau ketiak juga bisa disebabkan oleh berbagai kondisi kesehatan, antara lain diabetes, menopause, penyakit tiroid, dan gangguan hati.

Pelajari lebih lanjut di bawah ini tentang apa yang menyebabkan bau ketiak berlebihan dan apa yang harus dilakukan untuk mengatasinya.

Baca Lebih Lanjut: Apakah Tawas Baik Untuk Kesehatan Anda? Berikut Khasiat dan Efek Sampingnya.. Kenapa Ketiak Saya Bau Meski Setelah Mandi?

Bau ketiak disebabkan oleh campuran bakteri pada kulit dan keringat.

Keringat yang keluar dari tubuh Anda tidak berbau, sehingga sebanyak apapun keringat yang Anda keluarkan tidak akan mempengaruhi bau badan Anda.

Menurut laporan dari Cleveland Clinic, pria mengalami masalah bau badan karena bulu ketiak.

Namun, wanita bisa mengalami bau ketiak karena berbagai alasan, termasuk masalah kesehatan.

Faktor-faktor yang dapat menyebabkan bau ketiak antara lain: makanan yang Anda makan, seperti bawang bombay, brokoli, daging merah, kafein, dan makanan pedas; perubahan hormonal selama kehamilan atau menstruasi; stres atau kecemasan;

Selain itu, masih banyak gangguan kesehatan lain yang dapat menyebabkan keringat Anda berbau, antara lain: Diabetes Asam urat atau asam urat Menopause Gangguan tiroid Gangguan hati Gangguan ginjal Penyakit menular

Penderita diabetes mungkin mengalami perubahan bau badan, yang biasanya merupakan tanda ketoasidosis diabetik.

Hal ini karena kadar keton meningkat sehingga membuat darah menjadi lebih asam dan menyebabkan tubuh berbau seperti penghapus cat kuku atau aseton.

Pada orang yang mengalami perubahan bau badan akibat gangguan hati atau ginjal, biasanya disebabkan oleh penumpukan racun.

Namun, daripada melakukan diagnosa sendiri, lebih baik segera kunjungi dokter untuk mengetahui penyebab ketiak Anda berbau.

Baca Juga: Apa Penyebab Gatal Saat Berkeringat? Berikut daftar 10 cara mencegah bau ketiak

Batu di ketiak biasanya bisa diobati dengan menggunakan antiperspiran dan deodoran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top