Risiko Buruk jika Telat Ganti Oli Gardan Skutik

JAKARTA, virprom.com – Saat merawat sepeda motor atau skuter otonom, penggantian oli gardan merupakan hal yang harus dilakukan secara rutin dan tidak boleh diabaikan.

Jika oli gardan tidak diganti sesuai jadwal yang dianjurkan pabrikan, maka akan timbul berbagai masalah karena kualitas bahan bakar akan menurun.

Edi Karanganyar, Ketua Forum Honda AHASS Kalioso, mengatakan oli gardan sebaiknya diganti secara berkala.

Oli gardan sebaiknya diganti setiap 8.000 kilometer, kata Edi kepada virprom.com, Jumat (21/6/2024).

Baca Juga: Timeline Wanita Ketinggalan Pesawat Karena Naik Bus di Kalinga Jaya

Sementara itu, Technical Specialist PT Pertamina Lubricants (PTPL) Brahma Putra Mahayana mengatakan, oli gardan matic sepeda motor sebaiknya diganti secara berkala.

Dalam pemakaian normal, oli transmisi sebaiknya diganti setiap 12.000 kilometer atau 12 bulan sekali. Usahakan penggantiannya dengan perbandingan 2:1.Penggantian oli transmisi dilakukan setelah dua kali penggantian oli mesin.

Jika terlambat maka akan muncul kerusakan, salah satu yang paling umum adalah munculnya suara keras di area CVT.

Baca Juga: 7 Negara Bagian Akan Potong Pajak Mobil di 2024

Kondisi ini terjadi karena adanya gesekan antar bagian transmisi sehingga menyebabkan perubahan kekentalan oli gardan atau banyaknya keausan logam pada transmisi.

Pengendara juga akan merasakan pergerakan pada setir dan bodi sepeda motor, yang merupakan sinyal yang terdengar jelas jika sepeda motor turun. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk bergabung dengan Saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top