Pria Hanyut Selamat Setelah Minta Tolong lewat Apple Watch

virprom.com – Seorang pria Australia berusia 42 tahun selamat dari kecelakaan berkat fitur keselamatan Apple Watch. Dia sebelumnya terdampar di Pantai Tallow di Teluk Byron, Australia dan tidak dapat menemukan jalan kembali ke pantai.

Laporan yang dimuat media lokal ABC News Australia menyebutkan, seorang pria bernama Rick Sherman sedang melakukan body surfing di Pantai Tallow pada Sabtu pekan lalu.

Saat berselancar dan bermain ombak, ia menyadari dirinya tersapu ombak yang semakin besar.

“Saya menerima gelombang besar dan mencoba bertahan beberapa saat. “Tetapi saya mulai sedikit panik karena saya merasakan sakit saat berada di bawah air,” kata Sherman yang menceritakan pengalamannya terdampar di laut.

Baca juga: Apple Watch Tenggelam di Laut Selama 1,5 Tahun, Saat Ditemukan Masih Baik-Baik Saja

Meski Shearman sebenarnya bukan seorang peselancar amatir, namun bisa dikatakan ia memiliki skill dan pengalaman yang cukup. Jadi, ketika dia terjebak dalam situasi yang tidak nyaman, dia memutuskan untuk tidak melawan ombak. Ombak membawanya dari Broken Head Beach ke Suffolk Park. 

“Setelah 20 menit (di laut) saya menyadari tidak mungkin saya bisa kembali ke pantai dan saya membutuhkan bantuan,” jelas peselancar itu.

Saat hendak menelepon 911 untuk meminta bantuan, Sherman teringat bahwa pasangannya biasanya sedang berbelanja. Dia yakin temannya tidak dapat membantu.

Namun, dia juga memperhatikan bahwa dia memakai jam tangan pintar Apple Watch Ultra. Jam tangan pintar ini dilengkapi dengan fitur konektivitas seluler internal. Sherman kemudian segera menghubungi Layanan Darurat Australia untuk meminta bantuan. “Jika bukan karena jam tangan pintar di pergelangan tanganku, aku mungkin akan…”

Dengan masih terdamparnya kapal Sherman di tengah lautan, proses pencarian bantuan ke layanan darurat juga terbilang sulit. Ia kebingungan saat datang menjawab pertanyaan tim penyelamat.

“Saat saya menjauh dari pantai, saya digoda oleh angin dan ombak besar. Faktanya, jam tangan pintar sangat sulit digunakan. Saya harus memasangnya di telinga untuk mendengar apa yang terjadi dan berbicara dengan tim penyelamat. ,” tambah pria berusia 42 tahun itu.

Akibatnya, Sherman menunggu satu jam di laut setelah panggilan berakhir. Dia membantu mengarahkan tim penyelamat ke lokasi mereka dan dapat kembali ke pantai melalui helikopter Layanan Darurat Australia.

Baca juga: Aksesori Ini Dapat Mengubah Apple Watch Anda Menjadi Perangkat Mirip iPod

“Jika bukan karena jam tangan pintar di pergelangan tangan saya, saya mungkin terdampar di perairan internasional saat ini,” tambahnya.

Pengalaman berselancar ini benar-benar berbeda dari sebelumnya. Sherman mengaku tidak pernah panik selama bertahun-tahun. Dia selalu mengapung melewati ombak karena dia yakin tahu cara keluar dari air.

“Tapi (kali ini) tidak mengarah ke utara atau selatan, tapi langsung ke laut,” tutupnya, seperti dihimpun KompasTekno dari ABC News, Kamis (18/07/2024).  Apple Watch membantu dalam proses pencarian

Jimmy Keogh, anggota tim penyelamat di Surf Life Saving Far North Coast Australia, juga mengatakan jam tangan pintar yang dikenakan Sherman sangat membantu dalam proses pencarian. 

“Area pencarian orang-orang di dalam air, ditambah dengan kondisi yang ada, akan menjadi area pencarian yang sangat luas, sehingga memerlukan pengerahan beberapa tim selama beberapa hari. Jam tangan pintar ini jelas menyelamatkan nyawanya,” kata Jimmy.

Sherman berterima kasih kepada seluruh tim penyelamat, polisi, kru ambulans, dan staf rumah sakit setelah menyadari dia telah menimbulkan masalah di beberapa pihak. Kini Sherman telah kembali ke keluarga dan kerabatnya.

Baca juga: Apple Watch Ultra 2 Resmi Dijual di Indonesia, Ini Harganya

“Sungguh menakjubkan saya bisa menggunakan teknik ini untuk menyelamatkan hidup saya. Saya menyebabkan banyak masalah di pantai. Saya minta maaf,” kata Sherman.

Apple Watch Ultra sendiri merupakan jam tangan pintar yang bersertifikat tahan air. Berkat desain dan casingnya yang tahan lama, jam tangan pintar ini mampu bertahan di kedalaman air hingga 100 meter. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top