2 Jet Tempur Rafale Perancis Tabrakan Saat Terbang, 2 Pilot Tewas

COLOMBEY-LES-BELLES, virprom.com – Dua pilot tewas setelah dua jet tempur Rafale bertabrakan saat terbang di kota Colombey-Les-Belles, Prancis, pada Rabu (14/8/2024).

Pilot salah satu pesawat berhasil melontarkan diri, namun instruktur dan siswa pilot pesawat lainnya belum ditemukan.

“Dengan kesedihan kami mengumumkan kematian Kapten Sébastien Mabire dan Letnan Mathis Lawrence dalam kecelakaan pesawat selama misi pelatihan Rafale,” tulis Presiden Prancis Emmanuel Macron di jejaring sosial X/Twitter.

Baca Juga: 10 Jet Tempur Rafale Tercanggih 2022 Nomor 7

“Belasungkawa bangsa disampaikan kepada keluarga dan saudara seperjuangan mereka di Pangkalan Angkatan Udara ke-113 di St. Dizier,” tambahnya.

“Salah satu pilot ditemukan selamat,” kata Menteri Pertahanan Sébastien Lecornu kepada X sebelumnya.

Penyebab tabrakan jet tempur Rafale yang jarang terjadi ini masih belum diketahui.

Rafale adalah jet tempur supersonik serbaguna yang mampu mengejar pesawat musuh, menyerang sasaran darat dan laut, mengintai, dan bahkan hulu ledak nuklir Prancis.

Pesawat ini merupakan produk terlaris di industri senjata Perancis, dijual di Mesir, India, Yunani, Indonesia, Kroasia, Qatar dan Uni Emirat Arab.

Baca juga: Beberapa media asing juga memberitakan Indonesia membeli jet tempur Rafale dari Prancis

Wakil Wali Kota Colombey-Les-Belles, Patrice Bonnet, mendengar suara keras sekitar pukul 12.30 waktu setempat saat kecelakaan terjadi.

Menurutnya, itu bukan suara pesawat tempur biasa yang menembus kecepatan suara, melainkan lebih seperti suara benturan.

“Saya berasumsi dua pesawat bertabrakan, tapi kami tidak mempercayainya,” katanya, seraya menambahkan bahwa jalan yang berbatasan dengan hutan di dekatnya ditutup.

Pada bulan Desember 2007, sebuah jet Rafale jatuh di dekat Nevic di barat daya Perancis. Penyelidik menyimpulkan bahwa pilot mengalami disorientasi. Ini diyakini sebagai kecelakaan Rafale yang pertama.

Pada bulan September 2009, dua jet Rafale jatuh saat kembali ke kapal induk Charles de Gaulle di lepas pantai Perpignan setelah menyelesaikan uji terbang. Salah satu pilotnya tewas.

Baca juga: Temui Jet Tempur Dassault Rafale Dengarkan berita terhangat dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses Saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top