Kemenhub Catat 48 Keterlambatan Penerbangan Jemaah Haji, Paling Banyak Garuda Indonesia

JAKARTA, virprom.com – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mencatat ada 48 penundaan penerbangan selama pemberangkatan haji 2024 tahap pertama yang berlangsung pada 12-30 Mei 2024.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara M Kristi Endah Murni menjelaskan, terjadi penundaan penerbangan Garuda Indonesia dan Saudi Arabian Airlines.

Dari total 48 penundaan, 42 terjadi pada penerbangan perakitan menggunakan maskapai Garuda Indonesia.

Kemudian Saudi Arabian Airlines dengan total 6 kali penundaan, kata Christie dalam keterangan resminya, Minggu (6/2/2024).

Baca juga: 37 Warga Makassar Ditangkap di Arab Saudi karena Gunakan Visa Haji Palsu

Christie mengaku sudah melakukan pertemuan dengan Garuda Indonesia untuk membahas persoalan penundaan penerbangan.

Kondisi tersebut diduga disebabkan adanya kendala teknis dan operasional pada pesawat Garuda Indonesia yang digunakan untuk menerbangkan perakitan tersebut.

Atas kejadian tersebut, Garuda Indonesia melakukan mitigasi dengan menerbangkan calon jemaah haji menggunakan pesawat berbadan lebar, kata Christie.

Namun Christie tidak menjelaskan permasalahan yang dihadapi Saudi Arabian Airlines hingga menyebabkan penundaan penerbangan.

Ia hanya mengatakan Kementerian Perhubungan meminta pihak maskapai berupaya meningkatkan pelayanan terhadap jemaah haji dan meringankan permasalahan yang muncul.

Baca juga: Jamaah Haji Diimbau Tak Berlebihan Sunnah Umrah yang Masih Menjadi Sorotan Haji

Hingga saat ini, on-time performance (OTP) kedua maskapai tersebut mencapai 86,99 persen, dengan rincian Garuda Indonesia sebesar 78,68 persen dan Saudi Arabian Airlines sebesar 96,51 persen, ujarnya

Hingga saat ini, tercatat sebanyak 144.961 calon jemaah Indonesia untuk ibadah haji 2024 telah berangkat ke Arab Saudi, berdasarkan data Kementerian Agama.

Jumlah tersebut setara dengan 67,1 persen dari total jemaah haji Indonesia tahun 2023 sebanyak 216.065 orang. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top