Pabrikan Otomotif Diminta Tidak Naikkan Harga Jual, Ini Kata Suzuki

Tangerang, virprom.com – Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita meminta produsen mobil di Indonesia tidak menaikkan harga jual kendaraan.

Usulan tersebut seiring dengan lemahnya kinerja penjualan mobil baru sepanjang paruh pertama tahun 2024 karena beberapa faktor.

Agus menjelaskan, program LCGC yang merupakan salah satu strategi kendaraan ramah lingkungan bisa diperluas dan harga LCGC bisa diperhitungkan.

Baca Juga: MG G50, Mobil Keluarga 8 Tempat Duduk Hadir di GIIAS 2024

“Sebagai produsen yang mengikuti program LCGC, berapa harga yang bisa dinaikkan,” lanjut Agus di Tangerang (17/7/2024).

Ia menambahkan, “Tetapi kami meminta pihak lain untuk tidak menaikkan harga atau menahan diri untuk tidak menaikkannya karena ada beberapa faktor yang harus diperhatikan. Oleh karena itu, kami meminta mereka untuk tidak menaikkan harga.”

Menanggapi permintaan Menteri Perindustrian agar produsen mobil tidak menaikkan harga, Presiden dan CEO PT Suzuki Endomobile Motor Company Minoru Amano mengatakan, seluruh pabrikan kini mengalami penurunan penjualan.

Baca Juga: Menanti Toyota Hilux Ranga, Begini Kebangkitan Mobil Indonesia

“Jadi di tengah pasar mobil yang jumlahnya kurang dari satu juta unit, bukan hanya Suzuki saja, tapi semua APMnya sama,” kata Amano di Tangerang (18/7/2024).

Ia menambahkan, “Kami berusaha menekan biaya agar tidak ada kenaikan harga. Sebenarnya kami tidak ingin menaikkan harga.”

Berdasarkan data yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo), selama bulan Januari hingga Juni 2024, diketahui pasar justru mengalami perlambatan.

Baca juga: Berita Terbaru Berdirinya Pabrik Mazda di Indonesia

Pada periode tersebut, total pendistribusian mobil baru dari pabrik hingga diler alias grosir sebanyak 408.012 unit.

Kinerja tersebut turun 19,4 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Sedangkan untuk penjualan eceran, situasinya tidak berbeda.

Kontraksi terjadi sebesar 14 persen atau dari 502.533 unit menjadi 431.987 unit per tahun (y/y). Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top