Sidak Tenda Jemaah Haji Indonesia, Komisi VIII Catat 4 Hal Krusial yang Butuh Perhatian Serius

virprom.com – Wakil Ketua Komisi VIII Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI S. Hasan Sayadjili menyebutkan beberapa persoalan penting terkait pelayanan haji di Indonesia yang perlu mendapat perhatian serius dari pemerintah.

Pertama, Ace menyoroti permasalahan kelebihan kapasitas yang masih terjadi dan mengganggu kenyamanan jemaah di Mina.

“JKS 11 seharusnya mampu menampung 440 jemaah, namun hanya mampu menampung sekitar 380 orang.” Akibatnya sekitar 50 jemaah terpaksa dipindahkan ke tenda lain,” ujarnya dalam siaran pers yang diperoleh, Rabu (virprom.com. 19/6/2024).

Pernyataan itu disampaikan S pada Senin (17/6/2024) saat kunjungan mendadak (Sidaq) ke Makkah Makkah 72 Mina untuk memantau kondisi jamaah haji Indonesia.

Dalam kunjungan kali ini beliau mengunjungi JKS 10 dari Kabupaten Bandung Barat, JKS 11 dari Kabupaten Bogor dan bertemu dengan ketua rombongan SUB 103.

Baca Juga: Sampah Menumpuk di TPS Pasar Bogor, Warga Keluhkan Bau Bau

Selain penambahan kapasitas jemaah, Ace juga menyoroti terbatasnya ketersediaan fasilitas mandi, cuci, dan toilet (MCK).

Dia mengatakan, permasalahan tersebut menyebabkan antrean panjang sebelum salat dan beberapa jemaah terpaksa buang air kecil di luar toilet. Menurutnya, hal itu sangat mengganggu kenyamanan jemaah.

Permasalahan ketiga yang disoroti Ace adalah sulitnya akses tenda bagi jemaah lanjut usia (lansia) yang harus menaiki tangga.

Ia menekankan untuk lebih fokus menciptakan lingkungan haji yang ramah bagi lansia.

Baca Juga: Resolusi Haji 2024: Skema Murur Menyelamatkan Ribuan Warga Lanjut Usia

“Di tenda Maktab 72, JKS 10 dan JKS 11, jemaah lansia kesulitan menaiki tangga. Ini harus menjadi perhatian untuk mewujudkan ibadah haji ramah lansia,” kata Ace.

Ia juga menyebutkan, selama berada di Makkah masih banyak keluhan mengenai ketersediaan dan variasi menu makanan.

“Keluhannya (dari jamaah) menu makanannya kadang terlalu banyak, kadang terlalu sedikit,” jelas S.

Baca Juga: Cara Makan Tomat, Buah Penurun Kolesterol

Ia berharap DPR dan pemerintah bisa memastikan pengadaan pangan selama haji bervariasi dan sesuai selera Indonesia.

Dengan temuan tersebut, Ace menekankan perlunya perbaikan ke depan untuk meningkatkan kenyamanan dan pelayanan bagi jamaah haji Indonesia, termasuk memastikan ketersediaan toilet yang sesuai dan menu makanan yang sesuai dengan selera jamaah. Dengarkan berita terkini dan berita pemilu kami langsung ke ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top