Jangan Sembarangan Memutihkan Gigi, Efeknya Jadi Kuning

virprom.com – Warna gigi bisa menjadi pertanda bahwa kita sudah merawat gigi dengan baik. Senyuman yang dihiasi deretan gigi putih memberi kita rasa percaya diri.

Tak heran jika banyak orang yang mencoba membersihkan giginya, baik dengan mencari cara yang aman maupun cara lain di klinik dokter gigi yang lebih mudah dan cepat.

Di media sosial, kita bisa dengan mudah menemukan “hacks” yang mengklaim dapat membersihkan dan mencerahkan gigi. Namun hati-hati, karena banyak produk “pemutih gigi” yang memiliki efek berbeda.

Beberapa kasus bahkan menyebabkan kerusakan permanen pada gigi.

“Menggunakan jus lemon, soda bikarbonat atau arang atau zat abrasif lainnya pada gigi Anda dapat menyebabkan gigi Anda menguning,” kata dokter gigi Shaadi Manuchehri kepada mirror.co.uk.

Ia menjelaskan, penggunaan produk pembersih rumah tangga biasa bisa menghilangkan noda pada gigi. Namun penggunaan tersebut juga mempunyai dampak negatif.

Baca juga: Amankah memutihkan gigi dengan baking soda?

“Awalnya mungkin tampak putih, tapi bahan peledaknya tidak hanya menghilangkan noda pada gigi, tapi juga email,” ujarnya.

Enamel gigi adalah bagian gigi yang “paling putih”. Di bawahnya terdapat dentin yang berwarna kuning.

Erosi email menyebabkan dentin terbuka, sehingga menyebabkan gigi menguning. Selain itu, dentin yang terbuka juga bisa membuat gigi terasa nyeri dan sensitif.

Sayangnya, email gigi tidak bisa diregenerasi karena tidak ada sel hidup di lapisan ini. Oleh karena itu, dokter gigi menekankan pentingnya memperkuat dan merawat gigi dibandingkan membersihkannya.

Untuk gigi berwarna cerah, lakukan dengan aman di praktik dokter gigi. Memang benar harus mengeluarkan banyak uang, namun hasilnya bisa ditebak dan aman untuk kesehatan gigi.

Klinik menggunakan berbagai metode pemutihan gigi, termasuk pemutihan gel dan pemutihan laser. Untuk memilih metode yang tepat, mintalah dokter terlebih dahulu untuk menilai kondisi gigi Anda.

Baca juga: Ketahui Dampak Buruk Penggunaan Pasta Gigi Arang Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top