Cara Memeriksa Kondisi Radiator Saat Membeli Mobil Bekas

JAKARTA, virprom.com – Radiator merupakan salah satu bagian penting yang harus diperhatikan saat membeli mobil bekas. Radiator yang buruk dapat menyebabkan panas berlebih dan kerusakan mesin yang merugikan.

Menurut Lung Lung, pemilik bengkel Dokter Mobil, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan agar radiator mobil bekas Anda tetap dalam kondisi optimal.

Radiator penting untuk menjaga mesin tetap dingin. Jika radiator tidak berfungsi dengan baik, risiko terjadinya panas berlebih sangat tinggi, kata Paru Paru kepada virprom.com, Jumat (16 Agustus 2024).

Baca juga: Kenapa Air Radiator di Reservoir Tidak Berkurang

Lung Lung menyarankan untuk mengganti cairan pendingin dengan yang baru sesuai spesifikasi pabrikan.

“Gunakan coolant jenis OAT (Organic Acid Technology) karena lebih aman dan stabil dibandingkan tipe lainnya. Downgrade jenis coolant justru dapat merusak sistem pendingin Anda,” ujarnya.

Lung Lung juga menekankan pentingnya penggunaan radiator tester untuk mendeteksi kebocoran pada sistem radiator.

“Kebocoran radiator sulit dilihat dengan mata telanjang sehingga harus menggunakan alat. Kebocoran radiator itu bom waktu, jadi hati-hati,” jelas Lung Lung.

Ia juga merekomendasikan penggunaan cold cap tester untuk memastikan tutupnya masih beroperasi secara maksimal.

Baca juga: Jadwal MotoGP Austria 2024, Seri Dimulai Hari Ini

“Kalau tutupnya tidak berfungsi, tekanan bisa turun dan bisa terjadi panas berlebih,” ujarnya.

Lung Lung juga merekomendasikan penggantian termostat jika diperlukan untuk mengontrol suhu mesin dan melakukan perawatan radiator sebelum menambahkan cairan pendingin baru untuk memastikan aliran cairan pendingin yang optimal sekaligus menjaga efisiensi pendinginan mesin. Dengarkan berita terbaru dan penawaran berita langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top