Truk yang Pakai RUP Bisa Minimalisasi Fatalitas Tabrak Belakang?

KLATEN, virprom.com – Bumper belakang alias Rear Underrun Protection (RUP) pada truk sepertinya menjadi perangkat wajib yang harus ada untuk meningkatkan keselamatan.

Misalnya jika terjadi tabrakan dari belakang, maka bumper dapat menahan benturan tersebut sehingga mobil kecil tidak terguling di bawah truk.

Namun, apakah pemasangan perangkat ini benar-benar efektif mengurangi korban jiwa akibat kecelakaan mobil?

Baca juga: Menyalip dan Berhenti di Bahu Tol Jadi Alasan Larangan

Peneliti Senior Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Ahmad Wilden mengatakan RUP berperan penting dalam mengurangi risiko korban jiwa akibat tabrakan belakang dengan truk.

Wilden juga mengatakan, pihaknya mendorong seluruh truk memiliki RUP atau bemper belakang.

“Untuk mengurangi korban jiwa, kami mendorong seluruh truk dilengkapi dengan pelindung undercarriage belakang (RUP),” kata Wilden baru-baru ini.

Baca juga: Hindari Tabrakan Belakang, Truk Wajib Pasang Stiker Reflektor

Direktur Pelatihan Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sonny Susmana mengatakan RUP sudah menjadi perangkat wajib di truk.

Namun jika terjadi kecelakaan, besarnya dampak yang ditimbulkan bisa tidak efektif menahan dampaknya, apalagi bahan dan konstruksinya serampangan atau hanya formalitas saja, kata Sony kepada virprom.com, Senin (24/6/2024). ) ).

Soni mengatakan, jika RUP hanya ada dan tidak standar, maka bisa meningkatkan angka kematian pihak yang mengalami kecelakaan.

Baca juga: Demi Keamanan, Truk Dilarang Parkir di Bahu Jalan Tol

“Harus terbuat dari bahan yang kuat agar dapat menopang mobil, sehingga jika terjadi tabrakan, mobil kecil tidak terjatuh di bawahnya,” kata Soni.

Jadi, menurut Sony, memasang RUP pada truk bisa mengurangi korban jiwa akibat tabrakan dari belakang, asalkan perangkat tersebut terbuat dari bahan yang kuat dan memenuhi standar. Dengarkan berita terkini dan pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top