Harta Karun Langka Viking Berupa 7 Gelang Ditemukan di Denmark

AARHUS, virprom.com – Museum Moesgaard mengumumkan pada Senin (19/8/2024) bahwa harta karun langka berupa tujuh gelang perak kuno Viking telah ditemukan di Denmark.

Temuan tersebut menunjukkan luasnya jangkauan bangsa Viking. Salah satu gelang yang berasal dari abad ke-9 terinspirasi dari desain Rusia atau Ukraina, sedangkan gelang lainnya berasal dari Skandinavia.

Sejarawan Kasper Andersen dari Museum Moesgaard mengatakan kepada AFP bahwa gelang itu ditemukan di dekat kota Aarhus, menunjukkan bagaimana kota terbesar kedua di Denmark terhubung dari timur dan barat.

Baca juga: Pemburu Harta Karun Temukan Uang Rusak Rp 1,6 Miliar di Brankas

“Ini adalah contoh awal dan membantu kita lebih memahami bagaimana Viking beroperasi di wilayah Skandinavia dalam dunia global, dari Asia Barat hingga Atlantik Utara,” katanya.

Pada puncaknya, jaringan perdagangan Viking membentang dari Greenland dan pinggiran Amerika Utara hingga Turki dan Asia Tengah.

“Ini pertama kalinya kami menemukan barang antik semacam itu di dekat Aarhus, sesuatu yang tidak biasa dan sangat menarik,” tambah Andersen.

Gelang ini digunakan sebagai perhiasan dan mata uang. Setiap gelang memiliki standar beratnya masing-masing.

Baca juga: FBI Selidiki Harta Karun Kuno yang Hilang dari British Museum. Pencarian bangkai kapal dagang kerajaan dengan harta senilai Rp 80 triliun telah dimulai… Barang bersejarah Indonesia akan dikembalikan Belanda, termasuk harta karun Lombok.

Peninggalan Viking ini ditemukan pada awal tahun 2024 oleh mahasiswa arkeologi berusia 22 tahun Gustav Brunsgaard, yang menggunakan detektor logam.

Brunsgaard awalnya menemukan satu gelang di sebuah situs di utara Aarhus, kemudian kembali beberapa hari kemudian untuk menemukan enam gelang lagi.

“Kami melakukan penggalian di lokasi tersebut, namun kami tidak menemukan apa pun,” kata Andersen.

“Kami pikir seseorang menguburnya untuk menyembunyikannya dan tidak pernah ditemukan,” tambah sejarawan itu.

Baca Juga: Sipir Penjara Filipina Gali Lubang 40×60 Meter di Kompleks Tahanan, Klaim Temukan Harta Karun. Lihat berita terkini dan pilihan berita kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top