MediaTek Helio G100 Dirilis, Chipset Kelas Menengah Dukung Kamera 200 MP

virprom.com – Perusahaan semikonduktor asal China, MediaTek, meluncurkan chipset terbarunya Helio G100 pada Rabu (7/8/2024). Chipset ini resmi diluncurkan delapan hari setelah peluncuran ponsel pertama yang ditenagai chipset tersebut, Tecno Camon 30S Pro.

Spesifikasi System-on-Chip (SoC) Helio G100 mirip dengan Helio G99. Jadi, MediaTek Helio G100 juga masuk dalam kategori chipset kelas menengah.

Chip octa-core (octo-core) ini memuat dua core Cortex-A76 dengan kecepatan maksimum 2,2 GHz dan enam core Cortex-A55 dengan clock speed 2 GHz. Prosesor grafis (GPU) yang diandalkannya adalah Mali G57.

Chipset ini dibuat menggunakan teknologi manufaktur 6nm TSMC yang diklaim mampu meningkatkan efisiensi energi secara signifikan.

MediaTek Helio G100 masih menggunakan RAM LPDDR4X dan penyimpanan UFS 2.2 yang masih populer di perangkat kelas menengah atau mid-range.

Selain itu, resolusi layar yang didukung masih 2520 x 1080 piksel dengan refresh rate 120 Hz sehingga sama dengan Helio G99.

Baca Juga: HP Tecno Camon 30S Pro Resmi, Pertama dengan Chip Helio G100 dan Wireless Charging Mirip Helio G99 namun dengan peningkatan

Bedanya, Helio G100 menawarkan dukungan kamera utama beresolusi hingga 200 MP, lebih banyak dibandingkan chipset Helio G99 yang memiliki dukungan kamera maksimal 108 MP.

Oleh karena itu, SoC terbaru ini cocok untuk perangkat yang mengedepankan aspek fotografi resolusi tinggi.

Chip ini juga mampu menangani konfigurasi kamera ganda 16MP dan 16MP serta perekaman video 32MP dengan kecepatan 30fps.

Ada pula dukungan pemisahan piksel 2,2 mikrometer yang berguna untuk meningkatkan kualitas gambar di kondisi minim cahaya. Kameranya juga dilengkapi dengan sensor lossless zoom dan lensa potret untuk menangkap gambar bokeh berkualitas tinggi.

Helio G100 juga memperkenalkan teknologi Elevator Mode yang bertujuan memulihkan koneksi seluler dengan cepat setelah meninggalkan area bebas sinyal seperti terowongan dan elevator.

Fitur ini berguna bagi pengguna yang sering melewati daerah dengan koneksi tidak stabil atau terputus-putus, sehingga memastikan ponsel dapat mengakses jaringan dengan cepat.

Chipset Helio G100 mendukung dual-SIM 4G dengan kemampuan Voice over LTE (VoLTE) dan Video over LTE (ViLTE).

Hal ini dilakukan untuk memenuhi meningkatnya permintaan akan kualitas panggilan suara dan video yang lebih baik melalui jaringan LTE.

Fitur lainnya termasuk MediaTek Intelligent Display Sync, sebuah teknologi yang meningkatkan efisiensi energi ponsel dengan mengubah kecepatan refresh secara dinamis. Teknologi ini disebut dapat meningkatkan efisiensi energi hingga 20 persen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top