Prabowo Siapkan Anggaran Besar untuk Lanjutkan Pembangunan IKN

JAKARTA, virprom.com – Presiden terpilih Prabowo Subianto mengaku telah menyiapkan anggaran besar untuk melanjutkan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) pada masa pemerintahannya.

Prabowo menjelaskan, anggaran yang disiapkan akan mencakup berbagai aspek penting dalam pengembangan IKN.

“Untuk itu saya juga ingin meyakinkan Otrița (IKN) bahwa ruang anggaran yang kita ciptakan sangat besar dan saya kira banyak hal penting yang bisa kita capai (dalam pengembangan IKN),” kata Prabowo dalam rapat kabinet di Garud. . Istana, IKN, Senin (8/12/2024), dilansir melalui tayangan YouTube Sekretariat Presiden.

Baca Juga: Prabowo Minta Segera Pembangunan Gedung DPR-MPR dan MA-MK di IKN

Namun dalam pemaparannya, Prabowo tidak membeberkan rincian berapa besaran anggaran yang akan disediakan.

Ketua Umum Partai Gerindra juga mengucapkan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo, Menteri Keuangan Pak Mulyani, Menteri Koordinator Perekonomian Airlanga Hartarto dan para menteri lainnya yang turut berkontribusi dalam penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (BPRS) pemerintahannya.

Dengan penyusunan APBN tersebut, Prabowo merasa optimistis menghadapi tantangan di dalam dan luar negeri. 

“Meskipun tantangan global besar, namun kekuatan kita juga besar. Dan saya sekali lagi menyampaikan dukungan Bapak Presiden dan seluruh menteri, ini membuat saya sangat optimis,” ujarnya.

Baca Juga: Prabowo Mengaku Siapkan Anggaran untuk Tuntaskan IKN

Prabowo juga menekankan pentingnya pembentukan lembaga legislatif dan yudikatif di IKN. Menurut dia, prioritas utama adalah pembangunan gedung DPR, MPR, Mahkamah Konstitusi (MK), dan Mahkamah Agung (MA). Jika bangunan tersebut sudah ada, maka pembangunan material IKN dianggap selesai.

Oleh karena itu, Prabowo meminta otoritas IKN segera mengadakan kompetisi desain pembangunan gedung dan rumah bagi anggota DPR-MPR, MA, MK.

Ia menegaskan, desain bangunan lembaga legislatif dan yudikatif tidak boleh bertentangan dengan standar desain bangunan yang ada di IKN.

“Jadi MPR, DPR, lalu peradilan. Kalau itu selesai, intinya ibu kota pemerintahan sudah bekerja di sini. Jadi tidak perlu menunggu yang lain. Sisanya menyusul,” ujarnya. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top