Catat, Masih Ada Dispensasi Perpanjangan SIM Hari Ini

JAKARTA, virprom.com – Polda Metro Jaya masih menawarkan layanan perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) yang habis masa berlakunya pada hari raya Aidil Adha 1445 H.

“Bagi yang masa berlaku SIMnya habis pada 17-18 Juni 2024, dapat memperbarui SIM pada 19-20 Juni 2024 dengan mekanisme perpanjangan,” dikutip dari Instagram Polda Metro Jaya, Rabu (19 Juni 2024).

Perlu diketahui, SIM yang sudah lewat masa berlakunya tidak dapat diperpanjang melainkan dapat dilakukan dengan mekanisme baru. Prosedurnya mirip dengan pembuatan SIM pertama kali.

Baca juga: Aion Y Plus Resmi Tersedia di Indonesia, Harga Mulai Rp 415 Jutaan

Hal ini tertuang dalam Peraturan Polisi No. 5 Tahun 2021 tentang penerbitan dan penerbitan Surat Izin Mengemudi pada pasal 4.

Pembagian terkait bertujuan untuk memudahkan pemilik SIM yang habis masa berlakunya pada saat Satuan Pelayanan Administrasi (Satpas) dan toko SIM tutup pada masa libur Aidil Adha 2024 untuk dapat diperpanjang oleh masyarakat pada saat layanan dibuka kembali.

Sedangkan biaya perpanjangan SIM A sebesar Rp 80.000 dan biaya perpanjangan SIM C sebesar Rp 75.000. Namun biaya tersebut belum termasuk biaya pemeriksaan kesehatan sesuai kebijakan tarif klinik, pemeriksaan psikologi sebesar Rp37.000, biaya pengurusan, biaya pengemasan serta biaya transportasi dan keamanan menuju rumah pemohon.

Selain itu, perpanjangan masa berlaku SIM kini tidak perlu dilakukan melalui layanan Satpas. Cara lain pelanggan memperbarui SIM adalah dengan mengakses layanan seluler.

Baca juga: Barcode Go Kart Siap Lomba Internasional

Berikut lokasi SIM Keliling di DKI Jakarta dan sekitarnya, Kamis (20 Juni 2024), buka pukul 08:00-14:00 WIB: Jakarta Timur: Mall Grand Cakung Jakarta Selatan: Kampus Trilogi Kalibata Jakarta Utara: LTC Glodok Barat Jakarta : Citraland Mall Jakarta Pusat: Kantor Pos Lapangan Banteng Lihat berita terkini dan kumpulan berita kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses Saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top