Jangan Abai pada Sistem Pendinginan Mobil, Efeknya Bisa Fatal

Jakarta, virprom.com – Banyak pemilik mobil yang lalai dalam memeriksa sistem pendingin mobilnya. Padahal, sistem pendingin berperan penting dalam menjaga kestabilan suhu mesin dan mencegah kerusakan yang lebih serius.

Mengabaikan sistem pendingin Anda secara terus-menerus tentu saja dapat menyebabkan masalah serius, mulai dari mesin terlalu panas hingga kerusakan permanen yang memerlukan perbaikan yang sangat mahal.

Menurut Sodikin, pemilik Bengkel Sejahtera Auto di Palmera, Jakarta Barat, kasus overheat pada mobil biasanya disebabkan oleh ketidaktahuan atau kecerobohan pemilik mobil dalam menjaga sistem pendingin. Pada akhirnya, mereka mendapati diri mereka berada dalam situasi yang tidak menguntungkan.

Baca juga: Cara Berbagi Pengalaman Perjalanan Terbaik dan Inspiratif

“Kadang pemilik mobil berpikir selama mobilnya bisa berjalan, tidak perlu memikirkan apa pun, termasuk sistem pendinginnya. Kenyataannya, memeriksa ketinggian air radiator atau kondisi selang Pengecekan sederhana seperti pengecekan kaleng mencegah kerusakan yang lebih parah, kata Sodikin kepada virprom.com, Selasa (6/8/2024).

Ia juga mencontohkan, jika mesin terlalu panas saat kendaraan digunakan, biaya perbaikannya bisa jauh lebih mahal dibandingkan biaya perawatan rutin.

Sodikin menyarankan pemilik mobil memeriksa sistem pendingin minimal enam bulan sekali atau sesuai rekomendasi pabrikan.

“Periksa sistem pendingin setiap enam bulan sekali. Pada dasarnya mencegah lebih baik daripada memperbaiki,” ujarnya.

Baca Juga: Pahami Pentingnya Mencuci Mobil Transmisi Otomatis

Dengan melakukan perawatan secara berkala, pemilik mobil dapat memastikan mobilnya selalu dalam kondisi baik dan siap untuk perjalanan jauh tanpa khawatir terjadi masalah mesin. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung ke ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top