Jokowi Minta Semua Kota Dikonsep, Jepara Bisa Contoh Kota Mebel di High Point AS

JAKARTA, virprom.com – Presiden Joko Widodo meminta seluruh pemimpin daerah mulai merencanakan desain dan konsep kotanya.

Konsep ini dapat didasarkan pada kekuatan kota, misalnya Ibu Kota Negara Republik Indonesia (IKN) di Kalimantan Timur yang dianggap sebagai kota hutan dan kota hijau.

Hal itu disampaikannya saat mengumpulkan para gubernur, pemerintah, dan wali kota di Istana Garuda, Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Selasa (13/8/2024).

Saya yakin setiap negara bagian, daerah, dan kota bisa mempertimbangkan ide ingin menjadi kota mana, kata Jokowi dalam konferensi pers, dilansir dari YouTube Sekretariat Presiden, Selasa.

Baca juga: Maruf Amin Tegaskan Jokowi, Sebut Udara IKN Bersih

Ia kemudian mencontohkan kota-kota di dunia bagian pemerintahannya masing-masing.

Di California, Amerika Serikat (AS), terdapat kota khusus golf. Kota ini memiliki total 37 lapangan golf, tidak ada yang lain.

Begitu pula dengan High Point, North Carolina, Amerika Serikat, yang dirancang menjadi kota furnitur.

“High Point di North Carolina itu hanya city furniture. Tidak ada furniture dimanapun kecuali furniture. Padahal kita punya kekuatan Jepara (Jawa Tengah),” kata DIA. 

Mantan Presiden Solo itu meminta Jepara di Jawa Tengah juga memberikan nasihat serupa.

Diketahui, dalam praktiknya, pembangunan kota menurut model ini tidak dapat diselesaikan dalam satu waktu di bawah jabatan Letnan atau Walikota.

Baca Juga: Tinjauan Infrastruktur Embung di IKN, Menteri Pertanahan Apresiasi Perkembangan IKN sebagai Layanan Anak Nasional

Namun setidaknya, perkembangan ide yang dimulai sekarang akan bisa dinikmati di masa depan.

“Apakah Bupati Jepara ada? Desainnya bisa dilihat dari awal, meski belum jadi. Mungkin ada satu atau dua periode bupati. Tapi penataannya harus ada dan detail, harus matang. di sana, kata Jokowi.

Jokowi juga mengatakan, setiap daerah dan kota harus memiliki danau kecil atau badan air kecil.

 

Selain memberikan keindahan, kehadiran waduk air akan mampu meredam suhu panas di suatu kota.

Di IKN misalnya, akan dibangun sekitar 60 danau kecil.

“Saya juga berpesan kepada Menteri Pekerjaan Umum, kalau kita bisa melipatgandakan atau melipatgandakan (dari total 60 danau kecil) itu akan lebih baik. Dan itu bisa dan tidak mahal. APBD punya kuasa, tapi itu Harus didesain, kata Jokowi, Dengarkan berita dan pilih berita langsung di ponsel Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D Pastikan sudah terpasang aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top