Hamil Trimester 3 Masuk Bulan ke Berapa? Berikut Penjelasannya…

virprom.com – Trimester ketiga merupakan masa terakhir kehamilan. Jadi, masuk trimester ketiga minggu berapa?

Bulan Maret kehamilan dimulai pada bulan ketujuh atau dimulai pada minggu kehamilan ke-27 hingga minggu ke-40.

Pada kehamilan trimester ketiga, berat badan janin akan bertambah secara teratur dan akan banyak berkembang.

Baca Juga: Faktor Intrinsik Pada Kehamilan Trimester 1, 2, 3 Bulan manakah yang termasuk trimester kehamilan?

Menurut Kementerian Kesehatan (Kemenkes RI), usia kehamilan dibagi menjadi tiga trimester, yaitu trimester pertama, kedua, dan ketiga.

Tahap pertama kehamilan dimulai dari minggu pertama hingga kehamilan memasuki minggu ketiga belas atau bulan pertama hingga bulan ketiga.

Kehamilan memasuki trimester kedua, dimulai pada minggu ke 14-26 (bulan keempat hingga keenam).

Selanjutnya kehamilan trimester ketiga terjadi pada bulan keenam hingga kesembilan atau minggu ke 27-40. Trimester ketiga disebut akhir kehamilan.

Pada bulan ketiga kehamilan, janin akan mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang pesat.

Menurut Mayo Clinic, perkembangan janin pada trimester ketiga adalah sebagai berikut: mata bayi mulai terbuka sebagian dan bulu mata mulai tumbuh, lebih aktif dalam menunjukkan gerakan, seperti merangkak, menendang dan rambut bayi. mulai tumbuh tumbuh. Berat badan bayi trimester ketiga biasanya 1370-3600 gram. Kuku kaki mulai terlihat, lapisan rambut lembut yang menutupi kulit bayi selama beberapa bulan terakhir (lanogo) mulai melatih pernafasan dan paru-paru mulai berkembang sempurna dan merespon cahaya. Mulailah persalinan dengan kepala janin menghadap ke bawah, dengan ibu kembali, bertumpu pada payudara dan bagian belakang kepala siap memasuki rahim. Namun, ada juga kondisi janin lainnya, seperti gerakan atau sungsang, yang berisiko menimbulkan komplikasi saat melahirkan.

Baca juga: Apa Penyebab Gula Darah pada Ibu Hamil? Apa yang Anda rasakan selama trimester ke-3?

Pada trimester ketiga, banyak hal baru yang dialami ibu hamil, seperti peningkatan kenikmatan, serta peningkatan berat janin.

Wanita yang sedang hamil tiga bulan juga menderita ketiak atau bau badan akibat perubahan hormonal, peningkatan produksi keringat, penambahan berat badan, dan perubahan komposisi tubuh.

Sulit tidur dan sering sakit punggung juga menjadi salah satu keluhan yang dialami selama trimester ketiga akibat membesarnya ukuran perut.

Setelah itu, ibu hamil masih merasakan ketegangan di trimester ketiga. Menurut RS Hermina, kontraksi merupakan salah satu tanda persalinan yang paling umum terjadi.

Permulaan kontraksi dapat disertai dengan pelebaran serviks, yang menandakan bahwa persalinan sudah dekat. Namun ibu hamil juga bisa mengalami kontraksi palsu (Brexton Hicks).

Kondisi ini ditandai dengan rasa perut penuh dan sesak, nyeri, kaku, dan tidak nyaman. Meski begitu, infertilitas tidak mendorong terbukanya jalan lahir.

Ibu hamil trimester ketiga yang mengalami masalah atau keluhan sebaiknya memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

Baca Juga: Apakah Ibu Menyusui Bisa Hamil? Ini informasinya… Dengarkan berita kami dan berita pilihan langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top