Perayaan HUT Ke-79 RI di Melbourne: Suasana Penuh Semangat meski Gerimis, Diwarnai Anak-anak SD

MELBOURNE, virprom.com – Cuaca mendung dan berkabut tidak menyurutkan semangat perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 di Melbourne. Lebih dari 1000 orang menghadiri upacara yang digelar di depan halaman KJRI Melbourne pada Sabtu (17/8/2024).

Yang istimewa kali ini adalah keikutsertaan anak-anak SD dari berbagai sekolah di Melbourne dalam kelas bahasa Indonesia.

Anak-anak SD yang belajar bahasa Indonesia antusias mengikuti upacara tersebut sehingga menambah kemeriahan acara. 

Baca juga: Pertama Kalinya Gedung Balai Kota Los Angeles Dihiasi Lampu Merah Putih

Tak hanya menyaksikan peringatan kemerdekaan, mereka juga berkesempatan berinteraksi dengan ekspatriat Indonesia serta warga sekitar dari 11 anggota TNI yang diterjunkan dalam tugas belajar dan Defence Force School of Languages ​​(DFSL). 

Makanan ringan seperti bakso disajikan sebagai silaturahmi. 

“Saya senang sekali bisa berkumpul dan melihat anak-anak muda yang begitu energik. “Meski cuaca kurang mendukung, semangat kami tetap tinggi,” kata Bukhari Rahman, mahasiswa LPDP asal Tidore, dalam keterangan yang diperoleh virprom.com (17/8/2024).

Formasi Paskibra tahun ini terdiri dari 12 siswa, 8 putri dan 4 putra. 

“Suatu kehormatan besar bisa menjadi bagian Paskibra oleh KJRI Melbourne. “Saya bangga bisa mengikuti perayaan ini dan mengibarkan bendera Merah Putih,” kata mahasiswi Auliya Rahmanisa yang mengikuti pelatihan intensif selama lima bulan di KJRI Melbourne.

Sementara itu, kelompok Mudika juga turut meramaikan perayaan tersebut dengan mengibarkan bendera dan menyanyikan lagu kebangsaan, membuat suasana khusyuk dan meriah.

Kehadiran Mudika memperkaya festival dengan menampilkan keberagaman yang ada di kalangan diaspora Indonesia di Melbourne. Grace Pramitha, salah satu anggota Mudika menjelaskan, kehadiran mereka merupakan bentuk dukungan terhadap acara tersebut. 

“Kami berharap dapat menambah kemeriahan dan kebanggaan dalam perayaan kemerdekaan,” ujarnya.

Baca juga: FBI menggeledah rumah penasihat kampanye Trump pada Pilpres 2016

Sore harinya, pukul 16.00 waktu setempat, bendera merah putih dikibarkan di Federation Square, ruang publik yang ramai dikunjungi warga lokal dan wisatawan. 

Berbeda dengan pagi hari, cuacanya menyenangkan dengan hangatnya sinar matahari di sore hari. 

Pengibaran bendera di Federation Square adalah bagian dari propaganda Indonesia. Upaya KJRI Melbourne untuk mendapatkan izin terbang ke lokasi tersebut harus melalui negosiasi yang cukup alot dengan organisasi/panitia/penyelenggara lain yang saat itu juga sedang melakukan kegiatan promosi dari negara lain. 

“Kami sangat bersyukur akhirnya tercapai kesepakatan. “Ini memberi kita kesempatan untuk memperkenalkan Indonesia kepada masyarakat Melbourne,” kata Rima Sundusita, warga lingkungan IKN yang saat ini menjabat sebagai penasihat protokoler di KJRI Melbourne.

Dalam perayaan tersebut, para pemenang lomba olah raga Koperasi HUT RI antara lain bulu tangkis, tenis meja, gapple, dodgeball, mobile legenda, dan lari mendapatkan medali dari KJRI Melbourne.

Selain itu, Penghargaan Konsul Jenderal juga diberikan kepada 12 penerima atas kontribusinya dalam mendukung diplomasi dan menjaga citra Indonesia di Victoria dan Tasmania. Penghargaan diberikan kepada lima orang: Mark Ellis, Bapak Dekan, Mulyoto (Al Jannah Funeral Service), Yasinta Kurniasih (dosen Monash University), dan Helen Brown. 

Baca juga: Pertarungan Berdarah di Parlemen Turki, Apa Sebenarnya yang Terjadi?

Ketujuh organisasi penerima penghargaan tersebut adalah Sanggar Lestari, PPLN Melbourne 2024, Panwasalu Melbourne 2024, IDN Vic, Ikawiriya, Perwira dan AIAV.  Dengarkan berita terhangat dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top