Ini Faktor yang Menyebabkan Oli Mesin Menjadi Lumpur

SOLO, virprom.com – Oli mesin mobil dapat mengalami penurunan kualitas akibat penggunaan kendaraan yang sering dan terus menerus, bahkan jika tidak ditangani, komponen tersebut dapat berubah menjadi lumpur atau sludge.

Jika kondisi ini dibiarkan tanpa penanganan yang tepat, lumpur akan menyumbat saluran pipa dan kemudian merusak mesin serta menurunkan efisiensi kendaraan.

Iwan, Pemilik Klinik Mobil Iwan Motor Honda, mengatakan oli mesin bisa keruh karena pemilik mobil sering terlambat mengganti oli.

Baca juga: Jangan Salah, 2 Rambu Lalu Lintas NAIK Ini Punya Arti Berbeda

Bahaya sekali, minyak yang rusak akan membentuk sludge (lumpur) dan menutupi lubang-lubang pipa, kata Iwan kepada virprom.com, baru-baru ini.

Jika tidak segera diatasi, lumpur ini dapat menyebabkan tusukan pada mesin sehingga menimbulkan penyumbatan seperti saluran oli, filter oli, dan saluran yang pada akhirnya dapat menyebabkan kerusakan pada mesin.

“Ini bisa berakibat fatal, karena gesekan bagian-bagiannya tidak terarah dan akan terlalu bergesekan. Jika kondisi ini terus berlanjut, dipastikan mesin akan rusak karena bagian tersebut tersangkut,” kata Iwan.

Baca juga: Bos Ducati Yakin Marquez Akan Raih Podium 1 Sebelum Musim Berakhir

Bahkan, Iwan juga mengatakan, jika kotorannya berat, maka sebaiknya dibersihkan dengan cara meletakkan mesin dan menurunkannya sepenuhnya.

“Mesin diturunkan dan dibongkar seluruhnya untuk membersihkan kotoran karena ada bagian mesin yang berbeda yang bisa dibersihkan dengan menggoyangkan mesin,” kata Iwan.

Oleh karena itu, untuk menjaga keamanan mesin dan menghindari terjadinya perubahan oli mesin pada mesin, sebaiknya pemilik mobil mengikuti jadwal penggantian oli secara berkala. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda akses ke Saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top