Aksi Xenia Ingin Menyalip APV di Tanjakan Tapi Gagal

SOLO, virprom.com – Saat mobil menanjak, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, salah satunya titik buta di balik bukit.

Oleh karena itu, di jalan pegunungan terdapat banyak rambu yang harus dipatuhi, seperti rambu jalan padat yang berarti dilarang menyalip. Namun masih banyak pengemudi yang melanggar aturan tersebut.

Sabtu (20/4/2024) Seperti video yang diunggah di akun Instagram @youtubechanneljalanan yang menampilkan Daihatsu

Baca Juga: Video Sepeda Motor Bermesin Otomatis di Kangar-Pache Marg, Remnya Blong

Seperti yang disarankan dalam video ini, jika Anda berhasil menyalip di tanjakan, sebaiknya jangan melakukannya karena berbahaya.

Direktur Pelatihan Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu mengatakan pengemudi harus berpikir matang sebelum menyalip dan tidak disarankan menyalip di tanjakan.

“Pastikan rambu-rambu jalan lurus dan berkesinambungan, sehingga dilarang menyalip. Apalagi jika di depan ada mobil, maka akan memotong saat memasuki jalur. Oleh karena itu, menyalip di tanjakan sangat berisiko,” Jusri baru-baru ini. kepada virprom.com .

Kondisi jalan yang tinggi juga menghambat kinerja mesin kendaraan, terutama saat kendaraan terpaksa menyalip. Jika mobil tidak dalam kondisi prima, tidak bisa menyalip, akan terjadi kegagalan pengangkatan.

Jadi, risiko menyalip tidak hanya di perbukitan, tapi di semua jalan yang terdapat titik buta, termasuk tikungan dan persimpangan.

Baca juga: Hari Ini Kesempatan Terakhir Perpanjang SIM!

“Perlu juga memperhatikan kendaraan lain yang berjalan searah, memotong jalan dan menyeberang, sehingga pengemudi harus berhati-hati agar tidak menakuti pengemudi lain saat menuju titik buta,” ujarnya.

Jusri menyarankan, jika ingin menyalip, perhatikan dulu lalu lintas yang datang dari arah berlawanan. Jika tidak memungkinkan, jangan memaksa, tunggu kondisi aman.

Selain itu, perlu diwaspadai bahaya kendaraan yang menyalip, karena berisiko terjadinya manuver yang tiba-tiba dan berisiko.

“Sebelum memasuki jalur yang akan datang, nyalakan lampu sein, peredup, dan klakson agar kendaraan yang melaju memberi jalan kepada kita,” kata Jusri. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top