Pembalasan Iran terhadap Israel adalah Pasti, Tinggal Tunggu Kapan dan Bagaimana

JAKARTA, virprom.com – Iran dipastikan akan menuntut Israel atas pembunuhan pemimpin politik Hamas Ismail Hani. Pada tanggal 31 Juli 2024, Hani tewas dalam serangan bom di wisma miliknya di kawasan kelas atas yang dijaga ketat di ibu kota Iran, Teheran.

Hani sempat menjadi tamu negara Iran saat menghadiri upacara pelantikan presiden baru Iran, Massoud Pesheshkian.

Kapan, di mana dan bagaimana Iran akan membalas akan ditentukan berdasarkan pertimbangan kepentingan Iran.

Hal tersebut disampaikan kepada wartawan di Jakarta, Selasa (13/8/2024) oleh Wakil Menteri Luar Negeri Iran Bidang Kajian dan Penelitian yang juga Kepala Institut Kajian Politik dan Internasional (IPIS), Mohammad Hassan Sheikholeslami. Sheikholeslami dan rombongan berada di Indonesia untuk memperluas dan memperkuat hubungan bilateral Indonesia dan Iran.

Baca juga: Masyarakat Iran dan Indonesia Perlu Lebih Mengenal Satu Sama Lain untuk Mengurangi Kesalahpahaman

“Israel 100% bertanggung jawab atas teror ini (pembunuhan Haniya) dan Amerika Serikat (AS) juga harus bertanggung jawab karena merupakan pendukung utama rezim Zionis di Israel,” kata Sheikholeslami.

Dia menekankan bahwa pembalasan Iran terhadap Israel sudah pasti. “Berdasarkan bimbingan pemimpin spiritual negara kami…serta berbagai tingkat pejabat tertinggi negara kami, respon kami, balas dendam kami terhadap kejahatan brutal rezim Zionis Israel adalah mutlak dan pasti,” ujarnya. dikatakan.

Israel sejauh ini tidak menyangkal, namun juga tidak mengakui, bahwa mereka membunuh Haniya.

Hani tewas bersama pengawalnya dalam ledakan bom pada 31 Juli. Bom tersebut diselundupkan dan ditanam di kediamannya sekitar dua bulan sebelumnya. 

Baca juga: Pemimpin Hamas Ismail Hani tewas akibat bom yang diselundupkan ke kompleksnya 2 bulan lalu

Sheikholeslami mengatakan pihak berwenang Iran sedang menyelidiki insiden tersebut. Namun, mereka sangat yakin bahwa Israellah yang melakukan pembunuhan tersebut.

“Ini bukan kali pertama Israel melakukan pembunuhan dengan cara dan alat ilegal. Ini kebiasaan Israel,” kata Sheikholeslami.

Dia mengacu pada kasus Mohsen Fakhrizadeh, ilmuwan nuklir pertama Iran dan dianggap sebagai kepala arsitek program nuklir negara itu, yang tewas dalam serangan bom di Absard, sebuah kota kecil dekat Teheran, pada 27 November 2020. Fakhrizadeh memimpin dugaan tersebut. “Amad”. Iran memprogram Barat sebagai proyek pengembangan senjata nuklir Iran, meskipun Iran telah berulang kali menyatakan bahwa program nuklirnya hanya untuk tujuan damai.

Penyerang yang membunuh Fakhrizadeh menggunakan senjata otomatis yang dikendalikan dari jarak jauh dan meledakkan kendaraan hingga menewaskannya.

“Kami juga melihat teror terhadap pejabat tinggi Poros Perlawanan di banyak negara, seperti Lebanon, Irak, dan Suriah. Serangan terhadap konsulat Iran di Damaskus, Suriah, merupakan bagian lain dari pendekatan yang sama,” katanya.

Poros Perlawanan merupakan aliansi militer-politik yang terdiri dari Iran dan berbagai kelompok serta negara pendukung Iran di Timur Tengah, seperti Hizbullah di Lebanon, milisi Syiah di Irak, dan rezim Suriah. Aliansi ini bertujuan untuk melawan pengaruh Barat dan Israel di Timur Tengah.

Sheikholeslami menambahkan: “Kami menemukan atau mengambil kesimpulan dengan mempelajari berbagai metode yang sudah ada.”

Ia mengatakan Iran telah membuktikan bahwa Israel bisa diserang. Dia merujuk pada ratusan serangan rudal dan drone Iran terhadap Israel pada April lalu.

“Serangan itu… membatalkan klaim palsu Israel bahwa rezim tersebut tidak dapat diserang, tidak dapat dilawan. Serangan tersebut membuktikan bahwa rezim tersebut rapuh.”

Baca juga: Dampak Terbaru Serangan Iran ke Israel, Kerusakan Pangkalan Militer Simak berita terkini dan pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top