Implementasi Perpres RAN PE Turunkan Aksi Teror, BNPT Gelar RAN PE Awards

virprom.com – Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menggelar RAN Awards 2024 di Jakarta pada Senin (19/8/2024).

Penghargaan tersebut diberikan kepada pemangku kepentingan pusat dan daerah yang melaksanakan Keputusan Presiden (Perpres) tentang Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Pemberantasan Ekstremisme Kekerasan yang Mengarah pada Terorisme (RAN PE) 2020-2024.

Wakil Ketua Umum (Wapres) Ma’roof Amin menjelaskan penerapan RAN PE pada periode pertama telah membuahkan hasil yang baik. Salah satunya adalah menurunnya angka serangan teroris dan membaiknya indeks Indonesia dalam Global Terrorism Index. 

Pencapaian ini merupakan hasil kerja sama yang baik dan memberikan harapan besar bagi Indonesia, khususnya dalam memerangi ekstremisme di Tanah Air.

“Ini merupakan bukti nyata kerja sama seluruh pemangku kepentingan dalam memerangi ekstremisme dan memberikan harapan besar untuk memerangi ekstremisme kekerasan yang mengarah pada terorisme di Indonesia,” kata Ma’roof Amin yang berpartisipasi dalam RAN PE Awards 2024. 

Baca juga: BNPT RI tingkatkan keleluasaan WNI di Polandia dalam melawan ideologi kekerasan

Direktur BNPT Rychko Amelza Daniel menyatakan, pelaksanaan RANPE tahap pertama di pusat dan daerah membawa sejumlah capaian baik. Padahal, capaian-capaian tersebut telah berkontribusi besar terhadap terciptanya Indonesia yang aman dan damai.

“Capaian RAN PE empat tahunan sangat penting untuk mewujudkan Indonesia aman,” ujarnya dalam siaran pers, Senin.

Rychko mengatakan penerapan RAN PE juga akan memperkuat toleransi dan membangun ketahanan masyarakat. 

“Terima kasih kepada seluruh pihak yang telah memberikan kontribusi positif dan berkomitmen terhadap pelaksanaan RAN PE tahun 2020-2024,” ujarnya.

Penghargaan RAN PE diberikan kepada berbagai pihak yang berkomitmen dan berkontribusi dalam memerangi ekstremisme kekerasan yang mengarah pada terorisme di Indonesia.

Baca Juga: Persiapan Pengamanan RI ke-79 di IKN, BNPT Sidak Posko dan Personil

Terdapat enam kategori penghargaan pada kompetisi RAN PE AWARDS 2024 pertama ini. 

Pada kategori “Inisiator dan Komitmen” dalam pelaksanaan RAN PE, penghargaan diberikan kepada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Kementerian Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Kemenko) (Polhukam), Kementerian Luar Negeri ( Kemenlu), Provinsi Lampung, Provinsi Banten, Provinsi Kalimantan Selatan, Wilayah Administratif Bandung, Kabupaten Bogor, Kabupaten Garut, Kabupaten Purwakarta, dan Kabupaten Lampung Tengah.

Pada kategori “Program Inovatif dan Berkelanjutan”, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kementerian PPPA), Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban Provinsi Sulawesi Tengah, Wahid Foundation, Asian Muslim Action Network (AMAN) Indonesia, Yayasan Empatiku dan SETARA Institute.

Kategori selanjutnya yakni kategori Inspirasional dan Dampak Nyata diberikan kepada Kementerian Agama (Kemenag), Kota Surakarta, Generasi Perdamaian, Yayasan Prasasti Perdamaian (YPP) dan Pusat Kajian Radikalisme dan Deradikalisasi (PAKAR).

Penghargaan Komitmen Gender RAN PE diberikan kepada Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Kelompok Kerja Perempuan Pencegahan dan Penanggulangan Ekstremisme Kekerasan (WGWC), Radikalisasi dan Ekstremisme Kekerasan Indonesia (SERVE).

Baca juga: BNPT bela kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia dan selidiki standar keamanan minimum Katedral Jakarta

Pada kategori “Inisiator kerjasama multipihak” yang menjadi pemenang adalah Provinsi Jawa Timur, Provinsi Jawa Barat dan Forum LSM Internasional untuk Pembangunan Indonesia (INFID).

Sementara itu, USAID Harmoni, UN Women, Australia-Indonesia Partnership for Justice (AIPJ2), UNODC, UNDP dan Uni Eropa menerima Development Partner Award. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top