China Kuasai Pasar Mobil Listrik Global Juli 2024

JAKARTA, virprom.com – Penjualan kendaraan listrik secara global akan meningkat sebesar 21 persen secara tahunan (year-on-year/yoy) pada Juli 2024.

Penjualan kendaraan listrik jenis battery electric vehicle (BEV) dan plug-in hybrid electric vehicle (PHEV) pada periode tersebut mencapai 1,35 juta unit.

Data tersebut merupakan hasil pengumpulan yang dikumpulkan perusahaan pasar Rho Motion, dilansir Reuters, Senin (12/8/2024). Dari hasil tersebut, produk China penting mendominasi penjualan yakni sekitar 800.000 unit.

Baca Juga: Mobil Listrik Terlaris Juli 2024, BYD Salip Wuling dan Hyundai

Manajer Data Rho Motion Charles Lester menjelaskan pasar Eropa akan mengalami penurunan terparah akibat peraturan baru berupa kenaikan biaya sementara untuk mobil listrik China.

Alhasil, merek hybrid MG Motor yang kini dimiliki Shanghai Automotive Industry Corporation (SAIC) terpukul, termasuk BYD.

Sekadar informasi, Uni Eropa akan memberlakukan tarif sementara pada Juli 2024 terhadap mobil listrik yang diimpor dari Tiongkok. Rinciannya, BYD untuk jasa impor di bawah 17,4 persen, Geely 19 persen, dan SAIC 37,6 persen.

Selain itu, BYD, produsen mobil listrik terbesar di Tiongkok, melaporkan pertumbuhan penjualan BEV dan PHEV global masing-masing sebesar 13 persen dan 44 persen pada periode yang sama.

Baca juga: Beli Motor Bekas, Jangan Tertipu Bodi Ringan

Di Eropa, penjualan bulanan turun 7,8 persen pada Juli 2024, mencapai angka tahunan yang setara dengan tahun 2023. Pada bulan ketujuh hingga Juli, penjualan turun 12 persen di Jerman, pasar listrik terbesarnya.

Sementara itu, penjualan mobil listrik di Amerika Serikat dan Kanada naik 7,1 persen pada bulan Juli.

“BYD kembali mencatatkan rekor penjualan plug-in hybrid pada bulan ini, yang merupakan kontributor besar terhadap banyaknya kendaraan yang terjual,” kata Lester. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses virprom.com whatsapp Channel: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top