Kapan Waktu Tepat Mengganti Filter Udara Mobil?

JAKARTA, virprom.com – Filter udara merupakan bagian penting pada sistem mesin mobil yang berfungsi menyaring debu dan kotoran yang masuk ke ruang bakar. Namun seiring berjalannya waktu, filter udara menjadi tersumbat dan kehilangan efektivitasnya sehingga harus diganti atau dibersihkan setiap saat.

Lung Lung, pemilik Bengkel Dokter Mobil, menjelaskan, filter udara kertas merupakan jenis yang paling umum digunakan pada mobil.

Filter ini diganti setiap tiga hingga enam bulan sekali, tergantung pemakaian. Bersihkan juga filter ini setiap bulan untuk menjaga performa mesin, kata Lung Lung kepada virprom.com, Minggu (8/11/2024).

Baca juga: Empat Bus Bintang Zahira Baru, Armada Baru Tidur Nyenyak

Untuk filter udara berbahan katun, Ko Lung Lung merekomendasikan pembersihan setiap minggu. Meski memerlukan perawatan rutin, filter jenis ini memiliki umur yang lebih panjang hingga dua tahun.

“Membersihkan filter kapas setiap minggu akan membantu memperpanjang masa pakainya hingga dua tahun,” jelasnya.

Setelah itu buka filter udara yang sering digunakan pada mobil modifikasi dan juga perlu dibersihkan setiap minggunya. Umur filter jenis ini adalah satu hingga dua tahun, tergantung penggunaan dan lingkungan.

Baca juga: Kandungan Oli yang Tidak Sesuai Spesifikasi Bakal Bikin Mesin Mobil Gelitik

“Filter terbuka memerlukan tindakan pencegahan tambahan, terutama bagi yang sering digunakan dalam kondisi ekstrim,” kata Lung Lung.

Setiap pemilik mobil harus menjaga kebersihan filter udara dan menggantinya pada waktu yang disarankan. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih berita yang Anda suka untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top