Liga Inggris Akan Ganti Sistem VAR Pakai iPhone

virprom.com – Liga sepak bola utama di Inggris, English Premier League (EPL) atau lebih populer dengan sebutan Liga Inggris, berencana menggantikan sistem Video Assistant Referee (VAR) yang selama ini digunakan, iPhone.

IPhone rencananya akan digunakan sebagai VAR pada Premier League musim 2024-2025.

VAR, seperti namanya, merupakan sebuah teknologi melalui alat perekam video yang dapat membantu wasit dalam memutuskan dan menegakkan peraturan sepak bola dengan lebih akurat, tepat dan tepat. Biasanya satu atau lebih asisten wasit memantau perangkat ini.

VAR sering digunakan untuk menentukan banyak aturan, seperti pelanggaran, offside, inbounds, gol, dll.

Baca Juga: Perbandingan: Spesifikasi iPhone 14 Pro Vs iPhone 14 Pro Max

Sejak musim 2019-2020, EPL telah menggunakan kamera VAR yang ditempatkan di beberapa tempat di dalam stadion.

Metode VAR yang memutar ulang hasil rekaman video seringkali menimbulkan banyak masalah dan kebingungan.

Sebab, banyak penggemar yang menganggap VAR jenis ini tidak efektif, dan memiliki waktu tunggu (delay) yang lama, terutama dalam menentukan hasil penyalahgunaan pemain di posisi atau posisi penting.

Dengan menggunakan panggilan VAR, pihak EPL berharap pertandingan sepak bola di liga mereka dapat lebih cepat terpantau, sehingga pertandingan dapat digelar secara rutin, aman, dan adil.  Masukkan jumlah iPhone di kolom tersebut 

Kembali ke VAR berbasis iPhone, EPL bermitra dengan perusahaan teknologi olahraga asal Inggris bernama Genius Sports.

Kabarnya perusahaan ini akan menggunakan sekitar 28 seri iPhone 14 atau iPhone 15 sebagai VAR yang akan ditempatkan di banyak tempat di lapangan. Nantinya, semua iPhone akan terhubung dalam satu sistem Genius Sports yang disebut “Dragon”. 

Dragon, juga disebut “Assisted Artificial Intelligence Technology” (SAOT), adalah teknologi pengenalan eksternal. Teknologi ini merupakan bagian dari sistem GeniusIQ.

SAOT atau Dragon diklaim mampu membuat definisi 3D untuk setiap pemain. Hal ini dapat digunakan untuk mengetahui secara akurat apakah posisi pemain berada di luar posisinya atau tidak. Nah, untuk menciptakan informasi yang detail, dibutuhkan banyak kamera untuk mendapatkan informasi.

“Kami berusaha menjauhi kamera 4K yang sangat mahal,” ujar Chief Product Officer Genius Matt Fleckenstein, seperti dikutip dari The Verge.

“Kami ingin melihat apakah kami dapat mengganti ponsel tersebut secara langsung,” tambahnya.

Ia menambahkan, iPhone dipilih karena ponsel besutan Apple ini disebut-sebut paling populer di kalangan pengembang software di Genius Sport.

Baca juga: Apple Siapkan iPhone Air yang Akan Gantikan Model Plus Tahun Depan?

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top