Rusia Jatuhkan 10 Drone Ukraina yang Targetkan Moskwa, Salah Satu Serangan Terbesar

Moskow, Kompass.com – Pasukan Pertahanan Udara Rusia pada Rabu (21/8/2024) menembak jatuh sepuluh drone Ukraina yang menargetkan ibu kota Moskow.

Walikota Moskow Sergey Sobyanin mengatakan bahwa “pembuatan sistem pertahanan berlapis oleh Moskow terhadap UAV (kendaraan udara tak berawak) memungkinkan kami untuk menangkis semua serangan.”

“Ini adalah salah satu upaya terbesar untuk menyerang Moskow dengan drone,” lanjutnya seperti dikutip kantor berita AFP, seraya menambahkan bahwa pasukan pertahanan udara Rusia menembak jatuh sepuluh drone.

Baca Juga: Pasukan Ukraina merebut 1.250 kilometer persegi kota Kursk di Rusia

Sobyanin juga mengumumkan bahwa program pesan Telegram tidak memuat informasi mengenai kerusakan dan korban jiwa.

Serangan drone di Moskow jarang terjadi. Pada Mei 2024, Rusia menembak jatuh sebuah drone di luar ibu kota, menyebabkan dua bandara utama dilarang beroperasi selama kurang dari satu jam.

Sejak pecahnya perang pada tahun 2022, Kiev telah berulang kali menargetkan fasilitas minyak dan gas Rusia.

Serangan tersebut dilakukan ratusan kilometer dari perbatasannya sebagai pembalasan atas serangan terhadap infrastruktur energinya.

Pada Minggu (18/8/2024), drone Ukraina juga menyerang depot minyak di Rostov, Rusia selatan sehingga menyebabkan kebakaran besar.

Baca Juga: Rusia Tolak Bicara dengan Ukraina Terkait Serangan Kiev di Wilayah Kursk

Sementara api masih berkobar di Proletarsk pada Selasa (20/8/2024). Sekitar 500 petugas pemadam kebakaran Rusia bekerja untuk memadamkannya.

Awal bulan ini, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky memuji pasukannya karena menyerang instalasi minyak di Rusia.

Dia mengatakan serangan itu akan membantu mengakhiri konflik secara damai.

Serangan pesawat tak berawak itu terjadi selama serangan lintas batas terbesar di wilayah Kursk Rusia, di mana pasukan Kiev mengklaim menguasai lebih dari 80 permukiman.

Baca Juga: Serangan dini hari di Kiev, Ukraina, Rusia diduga menggunakan rudal Korea Utara. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top