Bertemu Netanyahu, Biden Desak Gencatan Senjata

Washington DC, virprom.com – Presiden AS Joe Biden menyerukan gencatan senjata selama sembilan bulan dalam perang Gaza saat melakukan pembicaraan dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu pada Kamis (25/7/2024).

Itu adalah pertemuan tatap muka pertama antara kedua pemimpin sejak Biden mengunjungi Israel beberapa hari setelah serangan Hamas pada 7 Oktober terhadap Israel, dan mendukung Netanyahu dan Promise untuk mendukung Amerika.

Baca juga: Biden: Saya Mundur dari Pilpres AS Demi Persatuan Nasional

Juru bicara Keamanan Nasional Gedung Putih John Kirby mengatakan kepada Reuters bahwa Israel dan Hamas, yang menguasai wilayah Palestina, tetap berada di garis depan dalam upaya mencapai gencatan senjata.

“Namun, sekarang kami lebih dekat dari sebelumnya,” katanya. “Kedua belah pihak harus berkompromi.”

Juru bicara Departemen Luar Negeri Matt Miller mengatakan pesan dari pihak AS dalam pertemuan tersebut diperlukan untuk mengakhiri kesepakatan.

Kunjungan ini bertepatan dengan perubahan dalam politik AS.

Sebelumnya, Biden yang berusia 81 tahun mengundurkan diri dari kursi kepresidenan AS di bawah tekanan dari Partai Demokrat dan mendukung Harris untuk mencalonkan diri sebagai presiden pada tahun 2024.

“Banyak yang ingin kami sampaikan,” kata Biden saat menyambut Netanyahu di Ruang Oval. “Saya ingin mengucapkan terima kasih kepadanya atas 50 tahun pelayanan publiknya dan 50 tahun dukungannya terhadap negara Israel,” kata Netanyahu kepada Biden.

Baca juga: Biden Jelaskan Alasan Pemecatan dari Pilpres AS 2024

Biden dan Netanyahu akan bertemu dengan keluarga sandera Amerika yang ditahan oleh Hamas.

Pejabat kesehatan Gaza mengatakan hubungan antara kedua pemimpin memburuk selama berbulan-bulan setelah serangan Israel di Gaza, yang menewaskan lebih dari 39.000 orang.

 

Baca juga: Kepemimpinan Biden Dianggap Sebagai Warisan Genosida di Gaza

Amerika Serikat adalah pemasok senjata utama Israel dan telah melindungi negara tersebut dari pemilu besar PBB. Dengarkan berita terbaru dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top