PKS Disebut Lebih Baik Usung Anies Ketimbang Sohibul Iman di Pilkada Jakarta

JAKARTA, Kompass.com – Pengamat politik Dedi Kurnia Siakh menilai Partai Keadilan Sejahtera (PKS) lebih baik menurunkan mantan Gubernur DKI Jakarta Anis Baswedan dibandingkan Sohibul Iman pada Pemilihan Pimpinan Daerah (Pilkada) Jakarta 2024.

“Alangkah baiknya jika PKS mendukung Enez, lagipula Enez sendiri bukan kader partai, artinya PKS masih bisa punya pengaruh elektoral untuk menunggangi Enez,” kata Dedi, Senin (24/). . 6/2024).

Ia mengatakan, PKS masih akan memperoleh pengaruh elektoral jika mencalonkan Aniz sebagai calon presiden pada Pilpres 2024.

Dampak elektoral ini terasa ketika PKS menduduki peringkat pertama elektabilitas pada Pemilihan Dewan Perwakilan Rakyat (Pileg) 2024 di Jakarta. PKS menjadi partai pemenang pemilu di negara bagian tersebut.

Baca juga: Pencalonan Sohibul Iman Tak Kuat Hadapi Ennis atau Ridwan Kamil di Pilkada Jakarta

“Pada Pemilu 2024, PKS mendapat dorongan, kemungkinan karena faktor Anies,” ujarnya.

Ia kemudian mengungkapkan, PKS akan sulit menang jika mendukung Sohibul Iman.

Sohibul sendiri juga kesulitan mendapatkan dukungan selain PKS untuk bertarung di Pilkada Jakarta.

“PKS mungkin masih dominan, tapi tidak kuat menantang koalisi lain. Termasuk Sohibul Iman, peluang menangnya sulit kalau hanya mengandalkan pemilih murni PKS,” ujarnya. .

Bukan tanpa alasan, Dedi melihat ada dua nama yang berpotensi maju di Jakarta, yakni Anis dan mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang memiliki suara elektoral lebih banyak dibandingkan Sohibul.

Baca Juga: DPW PKS DKI: Kami yakin Sohibul Iman bisa menangkan Pilkada DKI 2024

“PKS punya peluang dan hak politik untuk mencalonkan calon gubernurnya sendiri, jadi alangkah baiknya jika mengutamakan kadernya, namun saat ini kader PKS masih di bawah rata-rata dalam hal electoral power dibandingkan calon lain, apalagi jika nama-nama tersebut Nanti Anees Basvedani atau Ridwan Kamil,” tutupnya.

Sebelumnya, Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKS memutuskan mencalonkan Muhammad Sohibul Iman sebagai calon gubernur DKI Jakarta.

Juru Bicara PKS Ahmad Mabrur mengatakan, nama Wakil Ketua Dewan Sarro PKS diusulkan karena PKS merupakan partai pemenangan di Jakarta.

“Sebagai partai pemenangan di Jakarta, PKS memutuskan untuk mencalonkan kader terbaiknya sebagai calon gubernur DK Jakarta,” kata Mabrur melalui keterangan tertulis, Minggu (23/6/2024).

Baca Juga: PKS dorong Sohibul Iman di Pilkada Jakarta, Airlanga: Golkar punya Ridwan Kamil

“Calon yang kami usung adalah Mohammad Sohibul Iman yang saat ini menjabat Wakil Ketua Dewan Pasti PKS,” ujarnya.

Menurut Mabruri, Sohibul Imani adalah sosok yang berintegritas dan kompeten. Apalagi, Sohibul Iman pernah memimpin PKS pada 2015-2020.

Sebelum ada keputusan soal Sohibul, PKS diperkirakan akan mencalonkan Anis Basvedani. Anees juga mengunjungi markas pusat partai tersebut. Dengarkan berita dan jajak pendapat kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top