Pengemudi Punya Peran Penting dalam Menjaga Keselamatan di Jalan

KLATEN, virprom.com – Pada Sabtu (22 Juni 2024) pukul 07:45 WIB, terjadi kecelakaan yang melibatkan mobil Mitsubishi Pajero Sport dan truk di Jalan Tol Semarang-Batang, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.

Sebuah mobil sport utility vehicle (SUV) jurusan Jakarta-Semarang menabrak bagian belakang truk Tronton yang diparkir di bahu jalan hingga menyebabkan bodi terbelah. Empat orang meninggal dunia dan dua orang mengalami luka ringan dalam kecelakaan ini.

Padahal, Pajero Sports generasi ketiga ini merupakan SUV yang dibekali berbagai fitur keselamatan seperti SRS airbag dan seat belt pretensioner.

Baca Juga: Kecelakaan Truk Pajero dan 5 Fakta Kecelakaan Truk Pajero di Tol Semarang-Batang yang Menyebabkan 4 Orang Meninggal

SDCI (Direktur Pelatihan Konsultan Keselamatan Indonesia) Sony Susmana mengatakan, fitur keselamatan sebuah mobil bukan berarti bisa menjamin keselamatan penumpang sepenuhnya.

“Jangan mengandalkan airbag, sabuk pengaman, dan alat keselamatan lainnya karena tidak akan menyelamatkan Anda, tetapi mengurangi risiko cedera pada penggunanya,” kata Sony kepada virprom.com, Senin (24 Juni 2024).

Sony mengatakan, satu-satunya orang yang bisa menyelamatkan penumpang adalah pengemudi, selaku pengemudi. Oleh karena itu, pertahanan diri penting saat berkendara.

Baca Juga: Pajero Sport Kecelakaan Fatal, Ini RUP Bumper Belakang Truk Penting

Sony mengatakan, “Berhati-hatilah dengan waktu mengemudi dan jangan memaksakan diri untuk mengemudi tanpa istirahat, terutama saat melakukan perjalanan jarak jauh.”

Sony mengatakan pengemudi juga bertanggung jawab untuk mematuhi aturan seperti menggunakan jalur yang benar dan menjaga kecepatan aman di jalan tol.

Begitu pula pada saat darurat, kendaraan yang berhenti di bahu jalan harus dilengkapi segitiga pengaman dan lampu darurat yang berkedip-kedip, kata Sony.

BACA JUGA: Baca Pajero yang Jatuh Akibat Kecelakaan Truk di Tol Semarang.

Menurut Sony, mobil masa kini mungkin dilengkapi dengan fitur-fitur canggih, namun risiko serius kecelakaan di jalan raya tidak dapat ditangani secara memadai atau sepenuhnya hanya dengan mengandalkan fitur keselamatan saja. Dengarkan berita utama dan koleksi berita langsung di ponsel Anda. Pilih saluran media favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top