Jangan Asal, Begini Cara Menarik Rem Tangan yang Benar

SOLO, virprom.com – Rem tangan mobil berperan penting dalam mengunci mobil agar tetap stabil saat parkir, terutama di permukaan miring.

Meski terkesan sederhana, namun ada beberapa teknik yang perlu diketahui agar rem parkir digunakan dengan benar dan efektif.

Biasanya ada yang menginjak rem tangan dengan menekan tombol pelepas, namun ada juga yang langsung menariknya.

Baca Juga: Mercedes-Benz Kirim 16 Mobil Listrik untuk Dukung Perayaan HUT RI di IKN

Lalu bagaimana cara menginjak rem parkir dengan benar?

Pemilik Bengkel Spesialis Toyota Mitsubishi Garasi Auto Service, Muchlis mengatakan, tidak perlu menekan tombol pelepas saat menarik rem tangan.

“Kalau mau ditarik ke atas, ditarik tanpa pencet tombol, kalau mau diturunkan pencet tombol,” kata Muchlis kepada virprom.com, Selasa (13 Agustus 2024).

Ia juga mengatakan, fungsi tombol pelepas adalah untuk melepas kunci rem parkir.

Jika seseorang perlu menekan tombol pelepas untuk menginjak rem tangan karena komponen di dalamnya tertahan, itu adalah kesalahpahaman.

“Salah, memang didesain seperti itu,” kata Muchlis.

Baca Juga: Pengendara sepeda motor didenda 20 lakh setelah menabrak pejalan kaki yang terluka

Sementara itu, Hasan Ariento, Owner Mandiri Auto Specialists Nissan dan Datsun Claton, mengatakan rem tangan harus kencang saat ditarik dan tombol pelepas tidak boleh ditekan.

Selain tarikannya yang keras, tidak disarankan menekan tombol pelepas karena akan menunda pegas penahan saat tuas mencapai jarak optimal sehingga mengakibatkan rem tangan terkunci di posisi bawah, kata Hassan.

Jika posisi tuas rem tangan tidak maksimal, mobil bisa saja berpindah posisi saat dibiarkan mundur. Dan saat hendak turun, pengemudi bisa menarik sedikit rem tangan lalu menekan tombol pelepas.

“Saat melepas rem tangan, pengemudi harus menariknya sedikit sebelum menekan tombol pelepas. Kalau tidak ditarik, tombolnya kaku dan sulit menurunkan rem tangan,” kata Hassan. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top