Gerindra Dorong Ridwan Kamil Maju Pilkada Jakarta, Strategi Kuat di Jakarta dan Menang di Jabar

JAKARTA, virprom.com – Pengamat politik Universitas Al Azhar Indonesia, Ujang Komarudin menyebut Partai Gerindra mampu mendorong nama Ridwan Kamila maju pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024 di Jakarta karena mendapat restu. Presiden Jenderal Gerindra dan Presiden Republik Indonesia yang baru terpilih, Prabow.

Padahal Ridwan Kamil merupakan kader Partai Golkar. Namun, partai berlambang pohon beringin itu diketahui berkoalisi dengan Partai Gerindra melalui Koalisi Progresif Indonesia untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

“Kalau Prabowo mengajak Ridwan Kamil maju ke Jakarta, bisa saja. Dan itu karena mungkin Gerindra memberikan dukungannya, restunya kepada Ridwan Kamil yang mencalonkan diri di Jakarta, padahal yang menjalankannya adalah Golkar, yang rumahnya, belum mendeklarasikannya,” kata Ujang, Rabu (06/05). /2024 ) virprom.com.

Ia lantas mengatakan, mengusung nama Ridwan Kamil untuk maju di Pilkada Jakarta bisa menjadi strategi penguatan Partai Gerindra di Jakarta.

Saya melihatnya sebagai strategi Partai Gerindra untuk mendukung Ridwan Kamil di Jakarta agar kuat, katanya.

Baca juga: Ridwan Kamil Klaim Pasti Maju di Pilkada, Kemungkinan Juli Nanti

Kemudian Ujang merasa Gerindra akan maju bersama kadernya sebagai calon Gubernur Jawa Barat. Misalnya Dedy Mulyadi dan Mochamad Iriawan atau Iwan Bule.

Sementara Golkar bisa mengusung calon wakil gubernur untuk bergabung dengan kader Gerindra pada Pilkada Jawa Barat 2024. Dengan demikian, kemenangan tetap berada di tangan koalisi progresif Indonesia.

“Ini solusi yang baik dari Gerindra agar Golkar menang di Jakarta. Lalu Gerindra menang di Jawa Barat, kata Ujang.

Namun, menurutnya, semua keputusan bergantung pada pihak Golkar apakah akan memperbolehkan Ridwan Kamil mencalonkan diri pada Pilkada di Jakarta atau tidak.

Pasalnya, Ridwan Kamil merupakan presiden saat ini yang mengenakan baret Jawa, sehingga peluang menang besar pada Pilkada 2024 lebih tinggi di Jabar dibandingkan di Jakarta.

“Pertama kita harus cari tahu apakah Golkar mau atau tidak, apakah dia menyetujui Ridwan Kamil maju di Jakarta atau tidak. Karena sehebat apapun dia memimpin Jawa Barat, potensinya untuk menang jauh lebih besar.” Kita lihat saja nanti apa yang terjadi,” kata Ujang.

Ujang sebelumnya mengatakan penting bagi koalisi progresif Indonesia untuk memenangkan pemilu daerah pada tahun 2024 di banyak daerah, termasuk Jakarta, dan pemerintahan masa depan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Karena strategis dan mempunyai basis elektoral yang besar.

Baca juga: Gerindra Bakal Gandeng Ridwan Kamil di Pilkada Jakarta

Nama Ridwan Kamil sebelumnya sempat disebut Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad. Menurut dia, berduet dengan mantan Gubernur Jawa Barat itu, Gerindra akan memboyong kadernya ke Pilkada Jakarta pada 2024.

Dasco yakin Partai Golkar besutan Ridwan Kamil akan menyetujui rencana tersebut.

Tapi pasti sama kalau Ridwan Kamil direkomendasikan mencalonkan diri untuk DKI Jakarta, kata Dasco saat ditemui di Parlemen Senayan, Jakarta, 4 Juni 2024.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top