PDI-P Masih Yakin Dapat Rekan Koalisi di Pilkada Jakarta untuk Lawan KIM Plus

JAKARTA, virprom.com – PDI-P masih menilai perlu menunjuk mitra koalisi untuk jabatan gubernur-wakil gubernur di Pilkada Jakarta 2024 untuk melawan calon yang diusung Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus.

Ya, politik itu iman, kata Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto saat ditemui di Sekolah Partai PDI Perjuangan, Jakarta Selatan, Sabtu (17/8/2024).

PDI Perjuangan tidak bisa sendirian mengajukan calon wakil gubernur di Pilkada Jakarta 2024, karena diperkirakan hanya meraih 15 kursi di DPRD Jakarta 2024-2029, berkurang 10 kursi dibandingkan pemilu sebelumnya.

Sedangkan partai politik atau gabungan partai politik membutuhkan setidaknya 22 kursi di DPRD DKI untuk bisa mengajukan calon.

Baca Juga: PKS Pastikan Sambungan ke KIM Plus Usai Dapat Kursi Cawagub, 19 Agustus

Di sisi lain, hampir seluruh parpol tiba-tiba bergabung dengan Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang sebelumnya berhasil memenangkan Raka pasangan Prabowo Subianto-Gibra Rakabuming pada Pilpres 2024.

Partai-partai tersebut antara lain PKS dan Partai Nasdem yang resmi menarik pencalonan mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Di saat yang sama, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) juga mengirimkan sinyal serupa, namun tidak menjelaskan posisinya secara resmi.

Hasto membandingkan situasi ini dengan masa Orde Baru, ketika PDI-P juga terpojok.

“Tadi waktu Bu Mega jadi Ketum PDI, kantor PDI diserang. Kami percaya padanya,” ujarnya.

Baca Juga: PDI-P Bicara Duet Anies-Rano Karno di Pilkada Jakarta

Jika nantinya menemukan pasangan koalisi yang mampu memenuhi syarat mandat DPRD, Hasto akan memberi peluang bagi partainya untuk mengusung Anies Baswedan-Rano Karno.

Rano Karno merupakan anggota PDI-P yang pernah menjabat DPR RI di Senayan.

Hasto mengatakan, usulan duet Anies-Rano Karno dimulai dari partai banteng bawah.

“Iya, ada upaya akar rumput Mas Anies dan Si Doel Anak Betawi, Mas Rano Karno misalnya. Ya, ini tandanya underflow. Partai masih sangat memperhatikan suara rakyat,” kata Hasto. ditemui di Sekolah Partai PDI Perjuangan Jakarta Selatan, Sabtu (17 Agustus 2024). Dengarkan berita terkini dan penawaran berita kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top