Sesal Rahmad Adi di Babak Eliminasi Panjat Tebing Olimpiade 2024

virprom.com – Perjuangan pendaki Indonesia Rahmad Adi Mujono pada disiplin kecepatan di Olimpiade Paris 2024 harus terhenti di babak kualifikasi. 

Rahmad Adi dikalahkan rekan senegaranya Vedrik Leonard pada babak kualifikasi/eliminasi, Selasa (06/08/2024) di Le Bourget.

Keduanya bentrok setelah Rahmad Adi gagal dalam upaya kualifikasi pertamanya, meski ia mencatatkan waktu 5,07 detik pada upaya keduanya.

Sesuai aturan, pemanjat yang melakukan start salah akan duduk di peringkat terbawah pada putaran tersebut. 

Kondisi tersebut, ditambah kemampuan Vedric Leonard yang mampu menyamai rekor dunia dengan catatan waktu 4,79 detik, membuat keduanya harus bertemu di babak penyisihan/kualifikasi.

Mengerikan sekali, kata Adi kepada Kompas.id yang dilansir langsung dari Paris, Prancis.

“Tapi apa yang bisa disebut kompetisi?” Sulit untuk dijelaskan. Terlalu bersemangat. Faktanya, jika ini bukan awal yang salah, itu mungkin saja terjadi. Tunggu empat tahun lagi untuk pelajaran ini. Menurutku itu juga bukan keberuntungan,” tambah Adi.

Duel Merah Putih juga terjadi pada fase kualifikasi/eliminasi.

Weddrick yang berada di jalur A mencatatkan waktu 4,98 detik, sedangkan Adi yang berada di jalur B mencatatkan waktu 5,13 detik.

Rahmad Adi sebenarnya berpeluang mencapai babak perempat final dengan pecundang tercepat (rekor terbaik dari semua yang tersingkir), namun rekor 5,07 detiknya dikalahkan oleh Reza Alipour (Iran) di babak penyisihan.

Reza berhasil mencatatkan waktu 5,06 detik, lebih cepat 0,01 detik dari Adi.

Baca Juga: Hasil Panjat Tebing Putri Olimpiade: Panggil Madeo dan Rajya Salsabila untuk Maju!

“Sallsabillah terjatuh, sempat terjatuh, lalu Adi salah start, tapi dari segi waktu, mereka mencapai personal best time,” kata Ketua PB FPTI Yeni Wahid saat dihubungi virprom.com, Selasa (6). . /8/2024) VIB malam.

Artinya mereka mengerahkan seluruh kemampuan, seluruh tenaga untuk meraih prestasi yang lebih besar lagi, kata Yeni tentang penampilan empat pendaki Indonesia di Olimpiade.

Dengan demikian, perwakilan laki-laki yang mendaki dengan cepat hanya menyisakan Vedrik Leonard. 

Pada Kamis (8/8/2024), Veddrik akan melakoni laga perempat final melawan wakil tuan rumah Basa Mavem.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top