Daihatsu Sebut Penurunan Penjualan di Luar Prediksi

TANGERANG, virprom.com – Situasi pasar mobil di Tanah Air saat ini sedang kurang baik. Bahkan, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengaku tidak berharap situasi tersebut bisa dicegah.

Kepala Pemasaran dan Hubungan Pelanggan PT Astra International Tbk. Sales Operation Daihatsu Tri Mulyono mengatakan, dari sisi penjualan, rencana tahun 2024 yang sebelumnya direncanakan oleh produsen mobil pasti akan tertunda.

Baca juga: Daihatsu Tak Mau Jual Rocky Hybrid

“Karena agendanya adalah pilpres di bulan Februari. Namun yang mengejutkan kami adalah setelah pilpres, lalu puasa dan lebaran, di situlah kami mulai merasa tidak berjalan,” kata Tri kepada wartawan, saat ditemui di toko Daihatsu, pada Pameran Gaikindo Indonesia International Automobile Show (GIIAS) 2024, Kamis (18/7/2024).

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), pada bulan Januari-Juni 2024, jumlah pengiriman atau pelanggan mobil baru mengalami penurunan sebesar 19,4 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu atau sebanyak 408.012 unit dari 506.427 unit. .

Sedangkan penjualannya turun 14 persen atau dari 502.533 unit menjadi 431.987 unit secara tahunan (year-on-year/yoy).

Baca Juga: Daihatsu Tercatat Aftermarket, Servis Berkala 1.000 Km Sekaligus

“Ini diskon 14 persen, terus sampai Juni, jadi situasi penjualan sangat sulit,” kata Tri.

“Selain kondisi finansial, Daihatsu sangat terdampak karena sebagian besar dari kita mempunyai utang 80 persen. Oleh karena itu dampaknya besar, meski harga pasar turun 14,1 persen, tapi Daihatsu tetap bisa bersaing karena ada. Hingga 12,8 persen,” ujarnya.

Namun, Tri menambahkan, stok Daihatsu masih bisa dipertahankan. Meski demikian, Daihatsu juga menantikan GIIAS 2024 yang bisa meningkatkan atau menurunkan minat pasar pembelian.

“Mungkin pada pilkada 26 November nanti masyarakat akan berusaha mengeluarkan uang untuk membeli mobil,” kata Tri.

“Jadi dari perkiraan pertama sudah terlambat, tapi saya tidak menyangka akan terlambat,” ujarnya. Dengarkan berita terkini dengan pilihan berita kami langsung ke ponsel Anda. Pilih berita favorit Anda untuk mengakses Saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top