Mengenal Kandungan Serai dan Khasiatnya untuk Kesehatan

virprom.com – Serai atau serai memiliki banyak khasiat alami yang bermanfaat bagi tubuh, seperti zat besi, potasium, dan protein.

Bahan alami serai dapat meningkatkan kesehatan dan mengurangi risiko berbagai penyakit, seperti kolesterol tinggi, peradangan dan penyakit.

Lihat di bawah untuk rincian lebih lanjut tentang apa saja kandungan serai dan manfaat kesehatannya.

Baca Juga: Apakah Rebusan Serai Dapat Meningkatkan Sirkulasi Darah? Berikut ulasannya.. Ringkasan Serai

Serai mengandung mineral dan vitamin yang dapat membantu menunjang kesehatan tubuh.

Menurut Health, dalam 250 gram serai mentah mengandung: Kalori: 66,3 Protein: 1,22 gram Lemak: 0,33 gram Natrium: 4,02 miligram (mg) Besi: 5,47 mg atau setara dengan 30 persen nilai harian (DV) Seng: 1,49 mg. atau sama dengan 14 persen DV Folat: 50,2 mikrogram atau sama dengan 13 persen DV Magnesium: 40,2 mg atau sama dengan 10 persen DV Kalium: 484 mg atau sama dengan 10 persen DV

Selain itu, serai juga mengandung kalsium dan vitamin C, serta banyak air yang dapat membuat tubuh lebih terhidrasi.

Baca juga: 5 Manfaat Air Rebusan Serai untuk Mandi, Bukan Manfaat Terbaik Serai

Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa serai dapat meningkatkan kesehatan tubuh karena kandungan flavonoid dan fenoliknya.

Selain itu, serai juga memiliki sifat antibakteri dan antijamur sehingga memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan.

Menurut WebMD, serai memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, antara lain: mengurangi peradangan, sehingga dapat mencegah pertumbuhan sel kanker dan penyakit jantung karena mengandung quercetin sehingga sering digunakan untuk mengobati penyakit jantung di banyak negara.

Kandungan alami pada serai cocok untuk menunjang kesehatan tubuh.

Meski secara umum aman dan tidak menimbulkan efek samping yang serius, namun meminum rebusan lemon atau mengonsumsi serai dapat menimbulkan efek negatif bagi sebagian orang, seperti: Menimbulkan reaksi alergi jika dioleskan langsung ke kulit meningkatkan risiko keguguran jika dikonsumsi oleh ibu hamil, dan meskipun Adanya penelitian lebih lanjut, masih perlu diketahui mengenai efek samping tersebut

Memahami kandungan serai dan manfaat kesehatannya sangatlah penting sebelum Anda mulai mengonsumsinya secara rutin.

Meski secara umum aman, Anda disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum meminum air garam setiap hari, terutama jika Anda memiliki kondisi medis tertentu atau sedang mengonsumsi obat.

Hal ini dikarenakan kandungan serai dapat mengurangi efektivitas obat atau pengobatan. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih berita yang Anda suka untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top