5 Tips dari Microsoft untuk Bikin Komputer Lemot Jadi Lebih Kencang

virprom.com – Apakah Anda merasa kesal dengan kinerja komputer yang lambat? Perasaan ini terkadang menghampiri pengguna karena komputer tidak selalu berjalan maksimal.

Terlalu banyak program atau pengaturan yang salah dapat menyebabkan komputer Anda melakukan berbagai hal, baik itu lambat saat startup atau saat memuat aplikasi.

Baca Juga: 5 Cara Cek RAM Laptop Windows 11 dengan Mudah dan Praktis

Solusinya tidak selalu melibatkan menginstal ulang sistem operasi atau membeli perangkat baru. Dihimpun KompasTekno dari situs Microsoft, Kamis (15/8/2024) Berikut tips dari Microsoft yang bisa Anda coba untuk mendongkrak kinerja PC Windows 10 dan 11 1. Periksa pembaruan dan perbarui sistem operasi

Salah satu cara termudah untuk mengoptimalkan kinerja sistem adalah dengan mengunduh pembaruan Windows, yang terkadang mencakup perbaikan bug dan peningkatan kinerja.

Untuk melakukannya, klik Mulai > Pengaturan > Pembaruan Windows > Periksa pembaruan untuk Windows 11 atau > Pengaturan > Pembaruan & keamanan > Pembaruan Windows > Periksa pembaruan untuk Windows 10.

Jika ada pembaruan, klik “Instal Sekarang” dan restart komputer Anda 2. Restart komputer Anda, jalankan program yang diperlukan saja

Terlalu banyak program yang dijalankan secara bersamaan dapat memperlambat kinerja komputer Anda. Membuka banyak tab di browser sekaligus dapat memberikan efek serupa.

Coba tutup aplikasi aktif yang sedang tidak digunakan. Komputer harus lebih cepat dan lebih responsif.

Baca Juga: Cara Mengganti Nama Akun Google dengan Mudah Menggunakan HP dan Komputer

Jika tidak, restart komputer Anda dan buka hanya program yang Anda perlukan. 3. Gunakan ReadyBoost untuk meningkatkan kinerja

ReadyBoost merupakan fitur disk caching yang berguna untuk menyimpan isi data sementara dari RAM ke flashdisk atau media berbasis flash lainnya agar dapat diakses lebih cepat dibandingkan harddisk.

Fitur peningkat performa ini mudah digunakan, pengguna tidak perlu membuka komputer dan membongkar perangkat keras, cukup menyiapkan flashdisk atau kartu memori dengan kapasitas minimal 500 MB dan kecepatan transfer data yang tinggi.

Untuk mengaktifkannya, buka File Explorer, lalu klik kanan pada flash drive/kartu memori yang relevan dan klik “Properties”. Kemudian pilih tab “ReadyBoost” dan klik opsi “Gunakan perangkat ini”.

Windows menganalisis apakah perangkat dapat digunakan untuk ReadyBoost dan kemudian mengalokasikan sejumlah ruang memori. Klik “OK” untuk menandai ruang untuk menggunakan ReadyBoost.

Baca Juga: Cara Membuat Twinbon 17 Agustus 2024 Untuk Merayakan HUT RI ke-79

Perlu diperhatikan bahwa ReadyBoost tidak dapat digunakan jika sistem operasi Windows diinstal pada media penyimpanan Solid State Drive (SSD).

Karena kinerja SSD sudah terlalu cepat untuk digunakan untuk caching dibandingkan dengan hard drive, ReadyBoost tidak akan meningkatkan kinerjanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top