Ini Kebiasaan Buruk Saat Cuci Mobil yang Bisa Bikin ECU Rusak

KLATEN, virprom.com – Mobil harus dirawat dengan baik agar tampilan mobil tetap enak dipandang dan bersih. Salah satu cara yang biasa Anda lakukan adalah dengan mencucinya.

Namun saat mencuci mobil, konsumen perlu mewaspadai area yang tidak boleh terlalu terkena air agar tidak terjadi kerusakan.

Aji Dwi Nugroho, Project Manager Aha Motor Yogyakarta, mengatakan area yang tidak boleh terkena air langsung adalah ruang mesin karena banyak komponen elektronik yang bisa menyebabkan korsleting.

Baca Juga: Mitos atau Fakta, Apakah Cairan Pencuci Piring Baik untuk Mencuci Mobil?

“Kompartemen mesin tidak perlu dicuci agar tetap bersih karena resikonya cukup tinggi, banyak komponen elektronik di dalamnya, seperti kotak sekring, koil pengapian, electronic control unit (ECU) dan lain sebagainya. kata Aji belum lama ini.

Aji mengatakan, salah satu komponen yang bisa rusak jika terkena air adalah koil pengapian. Kumparan bisa bocor karena air memudahkan arus listrik masuk ke dalam housing.

Menurut Aji, ujung koil akan terbakar karena ada kebocoran arus listrik yang dapat menyebabkan mesin kehilangan performa, melambat, dan boros bahan bakar.

Baca Juga: Cara Aman Mencuci Sepeda Motor Listrik Honda EM1 e: Cukup bilas dengan air

Aji mengatakan, kerusakan lainnya bisa lebih serius dan memerlukan biaya perbaikan yang cukup besar jika terjadi korsleting.

“Dampak paling parah bisa merusak ECU. Makanya Aji menyarankan untuk menghindari mencuci bagian mesin mobil dengan air. Jika perlu tutupi beberapa bagian penting dengan plastik atau bahan anti air atau bersihkan dengan kain basah,” kata Aji.

Aji mengatakan, rangkaian kelistrikan setiap mobil sebenarnya memiliki segel kedap air. Namun keadaan tersebut belum tentu selalu sempurna sehingga apabila terjadi kebocoran air akan berdampak pada komponen-komponen penting.

Jadi saat mencuci mobil, konsumen tidak perlu langsung mencuci bagian mesin dengan air karena ada kemungkinan air tersebut menyebabkan korsleting pada komponen kelistrikan. Dengarkan berita dan berita pilihan kami langsung ke ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses Saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top