Rangkuman Hari Ke-893 Serangan Rusia ke Ukraina: Ukraina Terima F-16 | Rusia Kembali Merebut Desa

virprom.com – Perang Rusia-Ukraina terus berlanjut. Bahkan memasuki hari ke-893 pada Minggu (4 Agustus 2024).

Pada hari Minggu, Ukraina menerima jet tempur F-16 buatan AS setelah dua tahun menunggu.

Pada hari yang sama, pasukan Rusia merebut desa Novoselivka Persha di timur Ukraina, yang terbaru dari serangkaian kemajuan garis depan yang diklaim oleh Rusia.

Lihat selengkapnya: Rusia mengancam akan menembak jatuh F-16 yang dikirim ke Ukraina

Berikut rangkuman hari ke-893 penyerangan Rusia ke Ukraina yang dikutip kantor berita AFP. 1. Ukraina akhirnya menerima pesawat tempur F-16 setelah menunggu lebih dari 2 tahun

Ukraina akhirnya menerima jet tempur F-16 buatan AS setelah menunggu lebih dari 2 tahun.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky pada Minggu (8 Agustus 2024) membenarkan bahwa negaranya telah menerima jet tempur F-16 untuk pertama kalinya.

Selama lebih dari dua tahun, Ukraina telah meminta F-16 kepada mitra Baratnya.

“Kami sering mendengar kata ‘mustahil’. Sekarang hal itu menjadi kenyataan. Sebuah kenyataan di langit kita. F-16 di Ukraina. Kami mewujudkannya,” kata Zelensky ketika beberapa pesawat terbang di atasnya saat pengumuman tersebut.

Zelensky berdiri di depan dua jet F-16 abu-abu yang sebagian ditutupi lambang trisula Ukraina.

“Saya bangga dengan seluruh rakyat kita yang telah menguasai pesawat ini dan mulai menggunakannya untuk negara kita,” ujarnya.

Baca selengkapnya: Rusia mengklaim telah merebut desa lain di Ukraina

Dia tidak mengatakan berapa banyak pesawat yang dikerahkan dan menolak berkomentar mengenai misi spesifik mereka, namun jurnalis AFP melihat setidaknya dua F-16 di lokasi kejadian. 2. Rusia merebut desa lain dari Ukraina

Rusia pada hari Minggu mengatakan angkatan bersenjatanya telah merebut desa Novoselivka Persha di Ukraina timur.

Langkah ini merupakan yang terbaru dari serangkaian kemajuan yang diumumkan Moskow dalam beberapa pekan terakhir.

Kini memasuki tahun ketiga konflik, baik Ukraina maupun Rusia belum mampu mengarahkan konflik ke arah positif, meskipun Moskow telah memperoleh kekuatan dalam beberapa bulan terakhir.

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan pasukannya telah “membebaskan pemukiman Novoselivka Persha” yang terletak di wilayah Donetsk, sekitar 20 kilometer barat laut Avdiivka, yang direbut Rusia pada bulan Februari.

Selain itu, Rusia mengklaim bahwa dalam beberapa minggu terakhir mereka telah mengambil alih beberapa desa di wilayah Donetsk, banyak di antaranya hanya memiliki sedikit jalan.

Baca selengkapnya: Rusia: Pernyataan Ukraina tentang perundingan damai masih kontradiktif

Rusia mengumumkan telah mencaplok wilayah Donetsk, bersama dengan tiga wilayah lainnya di Ukraina timur dan selatan pada tahun 2022, meski masih belum sepenuhnya menguasai wilayah tersebut. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses Saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top