Pesawat Saudia SV373 Tak Ada Pilot, WNI di Jeddah Terjebak “Delay” 1 Hari di Bandara

JEDDAH, virprom.com – Penerbangan Saudia Airlines SV373 rute Jeddah dan Casablanca mengalami penundaan satu hari akibat absennya pilot pada Sabtu (10/8/2024).

Boeing 787 tersebut dijadwalkan lepas landas dari Bandara Internasional King Abdulaziz di Jeddah, Arab Saudi menuju Maroko pada pukul 08.30 waktu setempat, namun tertunda pada pukul 06.00 pada Minggu (8/11/2024).

Pihak perusahaan angkutan menyebutkan, pada hari Sabtu pemberangkatan mengalami penundaan sebanyak tiga kali, yaitu pukul 08.30 menjadi 09.20, 10.00, kemudian pukul 14.00 dan diundur keesokan harinya.

Baca juga: Sabar Menunggu, Pria Ini Menjadi Satu-satunya Penumpang Pesawat Setelah Tertunda 18 Jam.

Warga Negara Indonesia (WNI) Prabowo Wiratmoko Jati yang merupakan penumpang SV373 mengatakan, pintu keberangkatan juga beberapa kali berpindah.

Penumpang, khususnya dari Maroko, menuju Casablanca mengalami tiga kali penundaan dan beberapa kali berpindah gerbang, kata Prabowo Jati kepada virprom.com, Sabtu (8/10/2024).

Pejabat KBRI Rabat, Maroko, menambahkan, ada beberapa pramugari di dalam pesawat, namun tidak ada pilot.

Kemarahan penumpang dari berbagai negara pun tak bisa dibendung karena pihak maskapai tidak memberikan informasi apapun mengenai ketidakhadiran pilot tersebut.

Ia juga mengatakan pihak Saudi tidak menjelaskan terlebih dahulu alasan penundaan pemberangkatan tersebut.

“Kami sangat kecewa karena tidak ada peringatan sebelumnya mengenai penundaan pertama, penundaan kedua, dan penundaan ketiga,” keluhnya.

Sementara itu, Prabowo Jati cuti dari Indonesia dan sengaja mencoba bergabung dengan Saudia Airlines. Namun baru kali ini di dunia penerbangan kita mengalami pesawat tanpa pilot.

Dia berada di Bandara King Abdulaziz sejak Jumat (9/8/2024) pukul 23.13 waktu setempat berangkat ke Jeddah.

Setelah mendarat, pilot SV373 ditemukan hilang, yang membuat marah penumpang yang menunggu lama di pesawat dan di bandara.

Baca juga: Terlambat 4 Tahun Tiket Pesawat, Ibu Ini Dapat Rp 6 Miliar

Seluruh penumpang dikembalikan ke gate 43B. Adapun jadwal penerbangan terkini, pesawat akan lepas landas pada Minggu (11/8/2024) pukul 01.00 dini hari dan tidak berubah selama satu jam hingga pukul 06.00 WIB. pagi hari,” katanya.

Menurut dia, masih ada kemungkinan pemberangkatan kembali diubah pada Minggu pukul 06.00 dini hari.

Hingga pukul 16.26 waktu Jeddah (20.26 WIB), masih banyak penumpang yang mengeluh dan belum mengetahui kapan pesawat pengganti akan berangkat dari Jeddah menuju Casablanca, lanjut Prabowo Jati.

Hingga berita ini diturunkan, penumpang Prabowo Jati dan SV373 masih menunggu di Bandara King Abdulaziz.

Penumpang dan Saudia Airlines masih menegosiasikan kompensasi. Belum ada kesepakatan, termasuk perumahan dan pangan.

“Benar (berhenti di bandara) kalau tidak ada kesepakatan dan tidak ada solusi. Penumpang diminta mencari pesawat pengganti hari ini dibandingkan menginap semalam. Kami semua sangat lelah,” tutupnya.

Baca juga: UPDATE Saudia SV373 Keterlambatan Tanpa Pilot, Penumpang Menginap di Hotel Dengarkan berita terkini dan berita pilihan langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk bergabung dengan saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top