Gempa M 6,3 Guncang Taiwan, Warga Diperingatkan Cari Perlindungan

TAIPEI, virprom.com – Gempa berkekuatan 6,3 SR terjadi di pantai timur Taiwan pada Jumat (16/8/2024) pagi. 

Badan Cuaca Taiwan Pusat (CWA) menyebutkan gempa terjadi pada pukul 07:35 waktu setempat (06:35 WIB) di kedalaman 15 km dekat kota Hualien. 

CWA juga telah mengeluarkan peringatan melalui ponsel agar masyarakat tetap aman dan mencari perlindungan di lokasi terdekat.

Baca juga: Gempa Taiwan Tewaskan 12 Orang, Pengungsi Terancam Daratan

Sementara itu, Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) melaporkan magnitudo gempa di Taiwan kali ini berkekuatan 6,1.

Seperti dilansir AFP, Badan Perlindungan Kebakaran Nasional Taiwan mengeluarkan pernyataan yang mengonfirmasi bahwa tidak ada laporan kerusakan hingga pukul 08.00 waktu setempat (07.00 WIB).

Seperti Indonesia, Taiwan sering mengalami gempa bumi karena terletak di antara dua lempeng tektonik. 

Gempa besar terakhir terjadi pada bulan April, ketika gempa berkekuatan 7,4 skala richter mengguncang pulau tersebut, yang menurut para pejabat merupakan gempa terkuat dalam 25 tahun terakhir. 

Setidaknya 17 orang tewas dalam gempa tersebut, yang menyebabkan tanah longsor dan kerusakan parah pada bangunan di sekitar wilayah Hualien.

Baca juga: Batu Besar dan Mobil Terhantam Saat Gempa Taiwan

  Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung dari ponsel Anda. Pilih berita yang Anda suka untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top