Samsung Produksi Memori LPDDR5X Tertipis, Bisa Bikin HP Lebih Dingin

virprom.com – Samsung mulai memproduksi chip DRAM LPDDR5X yang disebut-sebut paling tipis di kategori 12 nanometer (nm), berkapasitas 12 GB dan 16 GB.

Chipset Samsung LPDDR5X ini dilengkapi empat lapisan die DRAM 12nm untuk mengurangi ketebalan serta meningkatkan ketahanan dan kepadatan panas.

Ukuran paket chip memori sekitar 0,65 mm, atau lebih tipis 0,06 mm dari semua paket memori LPDDR5X.

Dengan mengurangi ketebalan chip memori sebesar 9 persen menjadi setipis kuku, Samsung mengatakan perangkat seluler seperti ponsel pintar dapat memiliki lebih banyak ruang internal, sehingga meningkatkan aliran udara.

Baca juga: Samsung Luncurkan Memori Cepat LPDDR5X untuk Smartphone dengan AI

Akhirnya hp bisa jadi dingin. Aspek manajemen termal ini penting untuk perangkat dengan prosesor berperforma tinggi, termasuk perangkat dengan kemampuan AI pada perangkat.

Wakil Presiden Perencanaan Produk Memori Samsung Electronics YongCheol Bae mengatakan DRAM LPDDR5X Samsung memberikan solusi canggih tingkat baru untuk perangkat AI.

“Tidak hanya menawarkan kinerja LPDDR tinggi, tetapi juga manajemen termal yang unggul dalam paket yang ringkas,” kata Bae di situs resmi Samsung.

Dilancarkan KompasTekno dari Tom’s Hardware, Rabu (8/7/2024), ukuran chip yang lebih kecil tidak mempengaruhi tampilan ponsel secara keseluruhan.

Namun chip yang lebih kecil dapat memberikan lebih banyak ruang internal sehingga dapat membantu meningkatkan kinerja dengan mengurangi panas melalui ventilasi.

Baca juga: Aplikasi Quick Share Samsung telah diperbarui, mampu mentransfer file dua kali lebih cepat

Samsung akan menyediakan chip DRAM LPDDR5X kepada pelanggan produsen prosesor seluler dan produsen perangkat seluler.

Di masa depan, dengan meningkatnya permintaan akan produk berperforma tinggi dan memori tinggi dalam paket kecil, pabrikan asal Korea Selatan ini juga berencana memproduksi versi lebih kecil dari modul 24 GB 6 lapis dan 32 GB 8 lapis.

  Dengarkan berita dan cerita terkemuka yang kami pilih langsung di ponsel Anda. Pilih saluran favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top