Swedia Laporkan Kasus Pertama Mpox yang Mematikan di Luar Afrika

 

STOCKHOLM, virprom.com – Swedia pada Jumat (15/8/2024) mengumumkan kasus pertama mpox jenis berbahaya di luar Afrika.

Badan Kesehatan Masyarakat Swedia telah mengkonfirmasi bahwa itu adalah jenis penyakit yang disebut subkelompok Clade 1b mulai September 2023 di Republik Demokratik Kongo.

“Seseorang yang berobat di Stockholm didiagnosis menderita mpox yang disebabkan oleh varian clade I. Ini adalah kasus mpox pertama yang disebabkan oleh clade I yang saya lihat di luar benua Afrika,” lapor AFP.

Baca juga: WHO Tetapkan Mpox sebagai Masalah Kesehatan Masyarakat

Dalam keterangannya, Magnus Giesslen menjelaskan, menurut Badan Kesehatan Masyarakat Swedia, orang tersebut sakit selama perjalanan ke sebagian Afrika dengan penyakit serius kelas I mpox.

“Pasien selamat,” kata Giesslen.

Organisasi tersebut menambahkan bahwa Swedia siap mendeteksi, mengisolasi, dan mengobati mpox.

Fakta bahwa pasien mpox dirawat di negara ini tidak berdampak pada masyarakat umum, yang saat ini dianggap oleh Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Eropa (ECDC) sangat rendah, kata Badan Kesehatan Masyarakat Swedia. .

Wabah mpox subclade Clade 1b di Republik Demokratik Kongo telah menewaskan 548 orang sejak awal tahun ini.

Organisasi Kesehatan Dunia mengumumkan pada Rabu (14/08/2024) bahwa virus di Republik Demokratik Kongo dan negara-negara lain merupakan krisis kesehatan masyarakat.

Baca Juga: Apa Itu Cacar Monyet (Mpox) dan Mengapa Dinyatakan Sebagai Masalah Kesehatan Masyarakat?

Virus yang sebelumnya dikenal sebagai cacar monyet ini pertama kali ditemukan pada manusia pada tahun 1970an di wilayah yang sekarang disebut Republik Demokratik Kongo.

Penyakit ini merupakan penyakit menular yang ditularkan dari hewan ke manusia, namun dapat juga menular dari manusia ke manusia melalui kontak fisik.

Penyakit ini menyebabkan demam, nyeri otot, dan ruam kulit mirip kudis.

  Dengarkan berita dan serial berita kami dari ponsel Anda. Untuk bergabung dengan saluran WhatsApp virprom.com, pilih saluran berita favorit Anda: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan WhatsApp sudah terinstal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top