Cara Daftar Akun SSCASN di sscasn.bkn.go.id buat Pendaftaran CPNS 2024

virprom.com – Peserta yang berminat mendaftar Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) mungkin perlu mengetahui prosedur tertentu yang harus diikuti. Salah satunya adalah cara daftar akun SSCASN untuk pendaftaran CPNS tahap pertama 2024.

Sekadar informasi, pendaftaran CPNS 2024 dibuka hari ini, Selasa (20/8/2024) pukul 17.00 tepat pukul 17.08.45 WIB. Begitu pendaftaran dibuka, peserta tidak bisa langsung mendaftar seleksi CPNS 2024.

Baca Juga: Link Pendaftaran CPNS 2024, Cara Daftar, Cek Pelatihan, Tabel Waktu & Syarat, Lengkap

Sekadar informasi, ada dua tahap pendaftaran seleksi CPNS 2024 yang harus dilalui peserta. Pada pendaftaran CPNS 2024 tahap pertama, peserta harus membuat akun SSCASN terlebih dahulu.

Kemudian pada tahap kedua setelah pembuatan akun, peserta bisa mendaftar seleksi CPNS 2024. Oleh karena itu, penting bagi peserta untuk membuat akun SSCASN terlebih dahulu. Karena penting untuk melakukan hal ini terlebih dahulu, peserta harus mengetahui cara mendaftar akun SSCASN.

Lalu bagaimana cara mendaftar akun SSCASN? Untuk lebih jelasnya simak penjelasan lengkap cara daftar akun SSCASN dibawah ini. Cara daftar akun SSCASN di sscasn.bkn.go.id

Cara daftar akun SSCASN pada dasarnya sangat sederhana. Peserta dapat melakukan pendaftaran akun SSCASN secara online melalui website sscasn.bkn.go.id. Cara daftar akun SSCASN di sscasn.bkn.go.id adalah sebagai berikut: Buka link pendaftaran CPNS 2024 https://sscasn.bkn.go.id. Kemudian klik menu “Buat Akun”. Mulailah membuat akun dengan memasukkan beberapa informasi pribadi seperti NIK, nomor KK, nama lengkap sesuai KTP, tanggal lahir, kota penerbitan KTP, nomor handphone aktif dan email aktif. Kemudian klik “Lanjutkan” untuk mulai upload foto KTP Anda dalam format JPG dengan ukuran maksimal 200kb. Selanjutnya selfie posisi dan kondisi sesuai petunjuk. Buat kata sandi untuk login ke akun SSCASN Anda nanti. Periksa kembali semua data yang dimasukkan. Jika benar dan sesuai, klik opsi ‘Proses Pendaftaran Akun’ dan akun SSCASN dapat digunakan untuk melanjutkan seleksi CPNS 2024.

Cara daftar akun CPNS 2024 cukup mudah bukan? Penting untuk dicatat bahwa meskipun sederhana, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh peserta. Saat melakukan pendaftaran akun, peserta harus memiliki koneksi internet yang memadai.

Selanjutnya peserta sebaiknya menggunakan laptop untuk mengisi data dengan lebih teliti. Selain itu, peserta juga harus memastikan kamera laptop berfungsi untuk mengambil foto selfie guna mendaftar akun SSCASN.

Itu saja yang perlu Anda ketahui tentang cara daftar akun CPNS 2024 di sscasn.bkn.go.id. Sekali lagi, penting bagi peserta untuk mendaftarkan akun terlebih dahulu di sscasn.bkn.go.id.

Tanpa akun SSCASN, peserta tidak dapat mendaftar pelatihan dan Seleksi CPNS 2024.

Lalu bagaimana cara mendaftar CPNS 2024? Untuk lebih jelasnya simak penjelasan cara daftar CPNS 2024 di bawah ini setelah daftar akun SSCASN di sscasn.bkn.go.id. Cara Daftar CPNS 2024

Setelah membuat akun SSCASN, peserta dapat mulai mendaftar pelatihan seleksi CPNS 2024. Pendaftaran pelatihan seleksi CPNS 2024 juga dilakukan melalui sscasn.bkn.go.id. Tata cara pendaftaran CPNS 2024 adalah sebagai berikut: Setelah membuat akun, pengguna dapat login melalui link pendaftaran CPNS 2024 https://sscasn.bkn.go.id. Setelah itu, peserta dapat mulai mengisi biodatanya. Isi biodata Anda dengan benar dan sesuai dengan data diri Anda. Selanjutnya peserta dapat mulai memilih pelatihan. Pilih jenis pelatihan setelah membuka agen pelatihan. Kemudian masukkan rincian pendidikan akhir Anda seperti nomor gelar, tahun kelulusan dan nama sekolah atau perguruan tinggi. Selanjutnya peserta dapat mengisi riwayat pekerjaannya. Tahap selanjutnya adalah mengunggah dokumen yang diperlukan. Dokumen yang diperlukan mungkin berbeda dari satu agensi ke agensi lainnya. Dokumen yang perlu distempel harus distempel secara elektronik. Setelah dokumen diunggah, peserta akan mendapatkan ringkasan atau resume pendaftaran seleksi CPNS 2024. Jika ingin menyelesaikan pendaftaran, klik “Selesai Proses Pendaftaran” dan peserta dapat mengunduh kartu pendaftaran CPNS sebagai kartu identitas untuk mengikuti seleksi nantinya.

Itu saja yang perlu Anda ketahui tentang cara mendaftar CPNS 2024. Peserta harus memperhatikan tata cara pendaftaran agar lancar mendaftar seleksi CPNS 2024. Selain itu, peserta juga harus memperhatikan persyaratan CPNS 2024.

Baca Juga: 3 Cara Kompres Foto Tanpa Aplikasi Tambahan Syarat CPNS 2024

Secara umum, untuk daftar CPNS 2024, peserta harus memenuhi dua syarat, yakni syarat umum dan syarat khusus. Berdasarkan Keputusan MenPan-RB Nomor 320 Tahun 2024, syarat umum pendaftaran CPNS 2024 adalah sebagai berikut: Warga Negara Indonesia; Berusia minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun pada saat melamar; tidak pernah dijatuhi pidana penjara berdasarkan penetapan pengadilan yang mempunyai hukum tetap karena melakukan tindak pidana yang diancam dengan pidana penjara dua tahun atau lebih; Tidak pernah diberhentikan dengan hormat atas permintaan sendiri atau sebagai pegawai negeri sipil, prajurit TNI, anggota Polri, atau diberhentikan dengan hormat sebagai pegawai swasta; Bukan pegawai negeri sipil, pegawai negeri sipil, prajurit TNI, atau anggota Polri; Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik atau terlibat dalam politik praktis; Memiliki pendidikan yang memenuhi persyaratan jabatan; Memiliki kelayakan yang ditunjukkan dengan surat keterangan kelayakan tertentu yang sah dari lembaga profesi yang berwenang untuk jabatan yang dibutuhkan; Sehat jasmani dan rohani sesuai dengan persyaratan jabatan yang diinginkan. Bersedia bekerja di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia atau negara lain yang ditunjuk oleh otoritas pemerintah. dan persyaratan lainnya sesuai kebutuhan jabatan yang ditetapkan oleh pejabat pengembangan personalia (PPK).

Selain persyaratan umum, ada beberapa persyaratan khusus Daftar CPNS 2024 yang ditetapkan masing-masing instansi pemrakarsa pelatihan. Persyaratan daftar CPNS khusus tahun 2024 ini dapat dilihat pada informasi pelatihan terkait di sscasn.bkn.go.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top