Inggris ke 8 Besar Euro: Magi Bellingham, Pengorbanan Bek Kiri Saka

virprom.com – Lolosnya Inggris ke perempat final Euro 2024 bukan hanya berkat kesaktian Bellingham, tapi juga kesediaan Bukayo Saka mengisi posisi bek kiri.

Inggris memastikan kemenangan dramatis 2-1 atas Slovakia pada babak 16 besar Euro 2024 di Stadion Arena Aufschalke, Gelsenkirchen, Jerman, Minggu (30/6/2024).

Pada laga tersebut, Inggris tertinggal saat Ivan Schrantz kebobolan pada menit ke-25.

Ketika segalanya tampak berakhir bagi Inggris, Jude Bellingham muncul sebagai pahlawan.

Baca Juga: Hasil Kejuaraan Eropa 2024: Inggris Menang Dramatis, Spanyol vs Jerman di 8 Besar

Ia memperpanjang nafas Inggris lewat gol spektakulernya pada menit ke-90+5. Gol Bellingham menyamakan kedudukan menjadi 1-1 dan memaksa pertandingan dilanjutkan ke perpanjangan waktu.

Inggris mendapatkan momentum setelah Bellingham menunjukkan sihirnya.

Saat perpanjangan waktu hanya tersisa 50 detik, tim Tiga Singa kembali berhasil mencetak gol dan unggul 2-1 berkat sundulan Harry Kane (91′).

Pasukan Gareth Southgate yang sempat di ambang tersingkir dari Piala Eropa 2024, tampil sebagai pemenang dan bisa melanjutkan perjalanan ke babak perempat final.

“Itu gila, jika itu saya, tendangannya akan melewati mistar,” kata gelandang Inggris Declan Rice, tertegun oleh tendangan sepeda Bellingham yang memicu kebangkitan Inggris.

Kisah epik perubahan haluan Inggris melawan Slovakia tidak hanya mencakup gol akrobatik Bellingham.

Baca Juga: Saat Gol Somersall Bellingham Menusuk Hati Slovakia…

Dalam kisah tersebut, ada kerelaan berkorban dari pemain sayap tim Tiga Singa, Bukayo Saka.

Pada satu titik di babak kedua, tak lama setelah Gareth Southgate memasukkan Cole Palmer dan mengeluarkan Kieran Trippier pada menit ke-66, Inggris melakukan penyesuaian taktis.

Bukayo Saka yang mengawali laga sebagai pemain sayap kanan dalam skema 4-2-3-1 Inggris harus berganti posisi menjadi bek kiri!

Banyak pengamat sepak bola Inggris yang membahas kemungkinan Saka bermain sebagai bek kiri jelang laga melawan Slovakia.

Di awal karirnya, Saka yang kini bermain untuk Arsenal memainkan peran sebagai bek kiri.

“Kami yakin Bukayo (Saka) di bek kiri memberi kami opsi menyerang ekstra. Itu opsi bagus,” ujar Gareth Southgate, dikutip BBC.

Southgate pun mengapresiasi kerja keras dan pengorbanan timnya saat melawan Slovakia.

“Saya harus katakan, keberanian para pemain malam ini luar biasa,” kata pelatih yang telah melatih Inggris dalam 99 pertandingan itu. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top