Merayakan 75 Tahun Hubungan RI-Yunani dengan “Indonesia Expo 2024”

ATHENS, virprom.com – Pada tahun 2024, Indonesia dan Yunani akan merayakan tonggak sejarah besar yakni peringatan 75 tahun terjalinnya hubungan diplomatik.

Hubungan kedua negara dimulai pada 28 November 1949, ketika pemerintah Yunani mengakui keanggotaan Indonesia dalam Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO).

Laporan tanggal 23 Februari 1953 menandai formalisasi hubungan kedua negara.

Baca juga: KBRI Athena Benarkan Korban Kecelakaan Pesawat Yunani adalah WNI, Berikut Kronologinya.

Sejak saat itu, hubungan baik terjalin antara kedua negara, terutama setelah berdirinya Kedutaan Besar Indonesia di Athena (KBRI) pada tahun 1994 dan Kedutaan Besar Yunani di Batavia pada tahun 1997.

Dalam acara peringatan bersejarah tersebut, KBRI Athena akan menyelenggarakan “Indonesia Expo 2024” dengan mengusung tema “Indonesia dan Yunani: Relasi dan Masa Depan”.

Acara ini bertujuan untuk memperkuat citra positif Indonesia di Yunani, memperkenalkan potensi perdagangan dan investasi Indonesia, serta mempererat hubungan kedua bangsa. Rangkaian Kegiatan Indonesia Expo 2024

Upacara peluncuran Expo Indonesia 2024 akan dilaksanakan bersamaan dengan Indonesia-Yunani Business Forum (IHBF) ke-5 pada tanggal 5 Juni 2024.

Pada saat itu, Duta Besar RI untuk Athena Bebeb A.K. Nugraha Jujunan memperkenalkan logo peringatan 75 tahun terjalinnya hubungan diplomatik kedua negara. Logo tersebut memadukan unsur melati dan zaitun yang melambangkan keharmonisan dan kesejahteraan warna merah dan biru dari bendera nasional kedua negara.

Logo tersebut tidak hanya sekedar simbol tetapi juga mencerminkan semakin eratnya hubungan antara Indonesia dan Yunani.

Baca Juga: KBRI Manila selenggarakan Indonesia Expo 2024 untuk mempromosikan produk Indonesia berkualitas di Filipina

Salah satu yang menarik dari “Indonesia Expo 2024” adalah seni ukir kayu Bali.

Dua seniman dari Akademi Seni Rupa di Denpasar, Indonesia, berkolaborasi dengan Akademi Seni Rupa di Athena, institusi seni tinggi pertama dan tertua di Yunani, menciptakan patung pohon zaitun setinggi 1,5-2 meter, simbol ikonik Yunani .

Proses produksi patung tersebut dimulai pada 12 Agustus dan menjadi pembuka rangkaian Expo 2024 Indonesia.

Patung tersebut secara simbolis diserahkan kepada masyarakat Yunani oleh Parlemen Yunani dan ditempatkan di area publik gedung Parlemen sebagai simbol persahabatan yang mendalam antara kedua negara.

Kolaborasi seni lainnya melibatkan pelukis muda kontemporer Indonesia Naufal Abshar dan seniman Yunani Caroline de Souza, disponsori oleh Artion Gallery.

Mereka berkolaborasi dalam residensi selama sebulan di Athena, diikuti dengan pameran seni selama seminggu di awal September.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top