Benarkah Kebanyakan Makan Santan Bisa Picu Kolesterol?

virprom.com – Idul Fitri identik dengan makanan bersantan seperti opor ayam, rendang dan masakan khas Idul Fitri lainnya.

Saat berkunjung ke sanak saudara atau kerabat, makanan dengan santan pasti dihidangkan.

Inilah sebabnya banyak orang beranggapan bahwa terlalu banyak makan santan menyebabkan kolesterol.

Baca juga: Apa Dampak Memanaskan Makanan Bersantan Beberapa Kali?

Baca juga: Apakah produk santan bisa dihangatkan kembali?

Melansir laman Healthifyme, Kamis (11/4/2024), santan merupakan bahan masakan yang berasal dari buah kelapa sehingga dipastikan tidak mengandung kolesterol.

Namun jika mengonsumsi santan terlalu banyak dan dipanaskan berulang kali akan menimbulkan efek samping bagi tubuh.

Saya mengutip artikel Kompas TV yang tayang Rabu (10-4-2024), berdasarkan penelitian yang dimuat di European Journal of Nutrition: santan yang dikonsumsi dalam jumlah wajar dan penyajian yang tepat tidak mempengaruhi kolesterol, kadar trigliserida, dan risiko kardiometabolik lainnya. .

Peningkatan kadar kolesterol akan terjadi jika santan dimasak dengan lauk pauk seperti jeroan (hati, ampela, paru-paru, jantung, limpa), kuning telur, daging olahan, kulit ayam, udang dan sarden.

Baca juga: 9 Cara Mencegah Kolesterol Naik Usai Lebaran

Selain itu, peningkatan kadar kolesterol juga bisa terjadi jika Anda mengonsumsi santan atau makanan yang mengandung santan dalam jumlah besar. Pasalnya, santan mengandung lemak jenuh yang pada akhirnya menyebabkan peningkatan kolesterol.

Tak hanya itu, menurut Healthifyme, ada juga empat efek samping lain yang akan terjadi pada tubuh jika terlalu banyak mengonsumsi santan: Efek samping terlalu banyak makan santan 1. Menambah berat badan

Konsumsilah santan dalam jumlah besar, karena tambahan santan berarti tambahan lemak jenuh.

Menggabungkan makanan bersantan dengan makanan tinggi karbohidrat seperti nasi pasti akan menambah berat badan Anda beberapa kilogram. 2. Sembelit

Jika Anda terus mengonsumsi santan, tubuh Anda akan kehilangan serat dan hal ini akan menyebabkan sembelit.

Selain itu, konsumsi santan berlebih dapat menyebabkan gas parah dan diare, serta sakit perut dan kram perut. 3. Kolesterol tinggi

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, mengonsumsi santan dalam jumlah berlebihan akan menyebabkan kadar kolesterol tinggi karena tubuh terlalu banyak mengandung lemak jenuh.

Oleh karena itu, orang yang berisiko terkena penyakit kardiovaskular sebaiknya berhati-hati saat mengonsumsi makanan yang mengandung santan. 4. Efek alergi

Alergi kelapa merupakan fenomena langka. Namun jika Anda melihat adanya ruam, kesulitan bernapas, atau fitur wajah bengkak, segera hentikan konsumsi santan dan konsultasikan ke dokter. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top